​Bermasalah, 2 Kades Ditunda Pelantikanya

2036 views

Prosesi pelantikan kades

Bangkalan, Maduracorner.com– Dari 140 kepala desa (kades) terpilih pada pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang digelar pada 27 Oktober 2016 silam. 
Hanya 138 kades terpilih diambil sumpahnya dan dilantik secara definitif oleh Bupati Bangkalan, Muh.Makmun Ibnu Fuad digedung pertemuan UTM Desa Telang Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Sedangkan 2 kades terpilih lainnya ditunda pelantikanya karena masih bermasalah.
“Dari 140 kades terpilih, 138 kades dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Bangkalan. Sisanya 2 kades terpilih yakni calon kades Desa Kajjen Kecamatan Blega dan calon kades Tragah Kecamatan Tragah ditunda pelantikan dan diambil sumpahnya karena masih bermasalah,” terang Kepala Bappemas dan Pemdes Bangkalan, Ismed Efendy, Selasa, (14/12/2016). 
Sementara itu, Bupati Makmun Ibnu Fuad dalam sambutannya mengatakan bahwa pengambilan sumpah dan pelantikan kades terpilih sebenarnya direncanakan pada akhir Januari 2017 nanti. Namun karena kades terpilih ingin secepatnya melakanakan tugas. Maka pelantikan kades dimajukan pada hari ini.
“Tidak ada masalah pelantikan kades terpilih dimajukan. Yang penting pesta demokrasi pilkades berjalan aman, lancar dan kondusif,” ucap Ra Momon panggilan akrab Bupati Bangkalan.
Kepada kades terpilih, Ra Momon berharap agar amanah yang telah di berikan oleh masyarakat setempat di manfaatkan sebaik mungkin demi kemaslahatan dan memajukan ekonomi pedesaan beserta potensi yang ada, lebih ditingkatkan lagi didesa masing-masing. 
“Kami berharap nantinya disetiap desa sudah mempunyai sebuah balai desa. Dana pembangunanya dianggarkan pada APBD 2017. Saya minta Wabup Bangkalan dan Ketua DPRD Bangkalan ikut mengawal rencana pembangunan balai desa tersebut,” pinta Ra Momon. 
Penulis: Aryan

Editor: Altsaqib