​BPJS: Kami Sudah Tegur RSUD

2513 views



Sampang, maduracorner.com – Aktifis peduli pelayanan publik di Sampang terus mengawal dugaan adanya pungutan liar (pungli) di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sampang. 
Kamis pagi (3/11/2016) sekitar  pukul 09:00 WIB, sejumlah aktifis mendatangi kantor pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di jalan Rajawali Kelurahan Karang Dalem, Sampang.
Mereka yakni ingin mengetahui hak-hak bagi pasien BPJS. Endah, selaku Kepala BPJS mengatakan, bahwa pasien BPJS tidak harus mengeluarkan biaya sekecil apapun. Kecuali pelayanan minta naik kelas, maka pasien BPJS akan dikenai biaya tambahan sesuai kelasnya.
“Tidak ada sedikitpun biaya bagi pasien BPJS yang melakukan  perawatan di RSUD. Namun jika ingin naik kelas pelayanannya, maka akan dikenakan biaya sesuai kelasnya,” ungkapnya di kantor BPJS.  
Terkait obat bagi pasien BPJS, pihak BPJS setiap bulan sudah melakukan pembayaran obat sesuai kebutuhan pasien. Jadi, mustahil kalau obat pasien BPJS tidak ada atau kosong di RSUD. 
Baju mengaku sudah melayangkan surat teguran ke RSUD Sampang melalui Bupati. Namun, sampai saat ini belum ada jawaban.
Iqbal Fatony, aktifis peduli pelayanan publik mengatakan, pihaknya ingin mengetahui lebih lanjut atas hak yang wajib diterima oleh pasien BPJS. “Saya berharap laporan ini yang terakhir kalinya. Jika masih ada lagi oknum nakal di RSUD, maka kami akan melaporkan agar diproses secara hukum,” tegasnya.(san)
Penulis: Susanto

Editor: Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia