​Disnak Surati Masjid untuk Periksakan Kesehatan Hewan Qurban

Petugas periksa sapi


Pamekasan, Maduracorner.com – Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mengeluarkan surat edaran ke sejumlah masjid dan yayasan jelang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah.

Surat edaran tersebut berisi himbauan agar masjid dan yayasan yang biasa melakukan pemotongan hewan qurban untuk memeriksakan kesehatan hewan kepada petugas kesehatan hewan sebelum disembelih.

“Kita menjaga agar sapi atau kambing qurban jangan sampai terkena penyakit yang membahayakan bagi manusia,” ungkap Kadisnak Pamekasan, Bambang Prayogi, Selasa (6/9/2016).

Dijelaskan Bambang, pemeriksaan hewan qurban bisa memanfaatkan petugas kesehatan hewan yang ada di kecamatan walaupun mereka bukan dokter hewan karena jumlah dokter hewan masih terbatas.

“Yang bisa melakukan pemeriksaan hewan qurban adalah petugas kita dan paramedis-paramedis yang ada di kecamatan,” imbuh Bambang. 

Menurut Bambang, untuk menjamin hewan qurban aman dari penyakit maka dirasa sangat penting untuk memeriksakan hewan qurban agar masyarakat yang mengkonsumsinya bisa terjamin kesehatannya.(*)
Reporter : Fatahillah Kamali。       Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia