​Pantau Relawan Peace Corps Wakil Dubes AS Kunjungi MAN Bangkalan

​Pantau Relawan Peace Corps Wakil Dubes AS Kunjungi MAN Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Wakil Kedutaan Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Brian Mc Feeters bersama Konjen AS di Surabaya, Heather Variana dan Direktur Peace Corps (PC), Nina Favor berkunjung ke Kabupaten Bangkalan, Senin (3/10/2016). Kedatangan mereka, untuk memantau relawan yang bertugas di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) setempat.

Relawan Peace Corps tersebut, digagas Presiden John F. Kennedy pada tahun 1961. Para relawan itu mengemban tugas mendorong perdamaian dunia, dan persahabatan, serta membangun hubungan yang lebih erat dan kuat antara Indonesia dan AS.

Program ini sempat terhenti dalam beberapa tahun karena alasan dan lain hal. Namun, pada tahun 2011, kembali dihidupkan. Tahun ini, sebanyak 124 relawan tersebar di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat. Diantaranya, 7 orang relawan di tempatkan di Madura.

“Kami juga punya pilot program dengan pemerintah di Nusa Tenggara Timur (NTT). Semua relawan yang kami kirim untuk mengajar bahasa Inggris,” jelas Wakil Dubes AS, Brian Mc Feeters kepada Maduracorner.com.

Besar harapan kata Brian program ini bisa berdampak luar biasa bagi skil siswa di lembaga pendidikan tingkat SMP dan SMA, terutama dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Masing-masing kabupaten di Madura sudah ada relawan.

“Dua relawan bertugas di Kabupaten Sampang, untuk Bangkalan, Sampang dan Pamekasan satu orang,” ungkapnya.

Direktur Peace Corps (PC) Indonesia, Nina Favor menambahkan relawan ini bertugas selama dua tahun. Lembaga yang dijadikan tempat mengajar relawan merupakan rekomendasi pememerintah Indonesia menyesuaikan dengan rencana pembangunan.

“Tahun depan yang diusulkan 170 relawan. Tapi kami hanya mampu memenuhi 70 relawan,” tandasnya. (Heriyanto Ahmad)

Email Autoresponder indonesia