​Pedagang Ketupat Musiman Menuai Untung

2813 views

Penjual janur

Sumenep, maduracorner.com – Momen hari raya ketupat tidak hanya ditandai dengan banyaknya warga yang berkunjung ke destinasi wisata. Namun juga ditandai dengan maraknya pedagang ketupat musiman di Madura. Mereka pun menuai untung lumayan besar.

Hal ini nampak sejak dua hari menjelang hari raya ketupat kemarin. Banyak pedagang ketupat musiman yang mulai menggelar dagangannya di beberapa simpul pasar. Seperti yang tampak di pasar Gapura – Sumenep. Para pedagang musiman ini ada yang membawa ketupat sudah jadi dari rumah masing-masing. Sedangkan sebagian lainnya dibuat di tempat mereka menggelar dagangannya

Harga ketupatnya pun beragam. Dari hargaRp 6.000 per sepuluh biji untuk ukuran kecilhingga Rp 7.000 per sepuluh biji untuk ketupat ukuran lebih besar.

Salah seorang pedagang ketupat musiman, Moh. Burhan menuturkan, setiap tahun iabersama keluarga selalu menjual ketupat di pasar. Dia memang hanya menjual menjelang hari raya ketupat. “Lumayan ramai, mas. Harganya Rp 7 ribu yang lebih besar”,tuturnya

Mereka pun banyak diserbu pembeli. Rata-rata para pembeli adalah ibu-ibu yang tidak sempat untuk membuat ketupat sendiri untuk merayakan hari raya ketupat bersama keluarga. “Bahan ketupat yang digunakan dari daun siwalan yang masih muda, mas”,tambah Burhan seraya tersenyum.

Burhan juga mengatakan, jika ada ketupat yang tidak terjual biasanya dibawa pulang untuk diberikan kepada sanak kerabat yang belum membuat ketupat. “Namun hal itu jarang terjadi. Karena Alhamdulillah sudah ludes alias terjual habis”,katanya. (kha/mad)

Penulis: Khalis Nur
Editor: Mamad el Shaarawy

 

 

Email Autoresponder indonesia