​Pemerintah Pusat Gagal Lelang, Blangko E-KTP Masih Kosong

2196 views

Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dispenduk Capil Bangkalan, Djayus Sayuti


Bangkalan, maduracorner.com – Masyarakat Bangkalan nampaknya perlu lebih bersabar lagi untuk mendapatkan fisik KTP Elektronik (E-KTP). Penyebabnya, lelang pengadaan blangko pada tahun 2016 yang dilakukan oleh Pemerintah pusat gagal. 

“Kemungkinan pertengahan tahun ini blangko E-KTP baru akan tersedia,” ujar Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dispenduk Capil Bangkalan, Djayus Sayuti, Senin (6/2/2016).

Pada awalnya pemerintah pusat merencanakan proses lelang pada bulan Oktober 2016. Akan tetapi gagal dilaksanakan karena tidak ada satupun perusahaan yang sanggup mencetak 8 juta blangko hanya dalam jangka satu bulan.

“Penyediaan blangko menjadi kewenangan penuh pemerintah pusat. Kami yang didaerah hanya menunggu distribusi,” ucapnya.

Berdasarakan surat edaran Kemendagri nomor : 471.13/10231/DUKCAPIL menyebutkan penduduk yang telah melakukan perekaman E-KTP tapi belum mendapatkan fisik KTP maka Dispenduk dapat menerbitkan surat keterangan pengganti E-KTP.

“Sampai saat ini sejak blangko kosong kami sudah mengeluarkan sebanyak 7.073 surat keterangan pengganti E-KTP. Surat ini berlakunya 6 bulan. Kalau habis masa berlakunya tinggal diperpanjang,” tandasnya.(*)

Penulis: Heriyanto Ahmad

Editor: Achmad

Email Autoresponder indonesia