​Pemuda Desa Dituntut Lebih Kreatif dan Inovatif

2628 views

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Mahfud, S.Ag ketika reses di Bangkalan
Bangkalan, maduracorner.com -Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Mahfud S.Ag memanfaatkan masa Reses ke III tahun 2016 berdialog dengan lebih dari 100 pemuda perwakilan dari 18 kecamatan di Kabupaten Bangkalan.

Diskusi yang digelar di kantor Pimpinan Cabang GP Anshor Bangkalan tersebut, politisi PDI Perjuangan itu mengingatkan pentingnya kreatifitas generasi muda di desa dalam berkarya agar menjadi pemuda produktif.

“Pemuda dan tokoh masyarakat adalah penerus dan penggerak Desa. Maju atau mundurnya suatu Desa sangat ditentukan oleh kualitas inobasi generasi mudanya,” ucap Mahfud, Rabu (23/11/2016).

Pemaparan mantan aktivis PMII  langsung mendapat berbagai respon dari para pemuda dalam sesi dialog. Rohman, perwakilan pemuda dari Desa Petaonan, Kecamatan Tanah Merah menuturkan sangat sulit bagi pemuda mendapatkan kesempatan untuk ikut membangun SDM dan instrastruktur desa. 

Dia mencontohkan untuk program pengentasan buta aksara di desa, pemerintah justru mendatangkan tenaga pengajar dari luar. Padahal, jika hanya mengajar baca tulis muda-mudi juga bisa diandalkan. 

“Pemerintah kurang memberi ruang kepada kami,” katanya.

Fahmi, perwakilan pemuda Kecamatan Socah, mengeluhkan memudarnya nilai gotong royong di desa. Gotong royong, kata dia hanya ada bila perbaikan insfrastruktur yang sumber pendanaannya hasil urunan warga. Sementara, jika dana perbaikan bersumber dari pemerintah, maka pengerjaanya diberikan pada orang luar. 

“Kami minta Pak Mahfud agar bisa memberi kami wadah, agar pemuda bisa diberdayakan di desa kami,” ungkapnya.

Menanggapi berbagai keluhan tersebut, Mahfud meminta  pemerintah daerah lebih pro aktif kepada pemuda, pemerintah harus memfasilitasi potensi para pemuda di Desa. Seperti contoh mengaktifkan peran BUMDes, KOPWAN, KUB (Kelompok Usaha Bersama) dan kelompok-kelompok wirausaha lain.

“Kami akan mengupayakan ada kucuran dana dari Pemprov Jatim untuk program pemberdayaan untuk mendorong semangat para pemuda di Bangkalan,” tutur Mahfud.

Sementara itu, Ketua PC GP Anshor Bangkalan, KH Hasani Zubair mengapresiasi langkah Mahfud mengisi kegiatan resesnya berdialog dengan kalangan muda di Bangkalan. Menurutnya sosok Mahfud bisa jadi panutan, meski masih muda namun kiprahnya di masyarakat sangat luas.

 “Ini kegiatan positif, jarang ada pejabat publik yang mau mendengarkan keluh kesah pemuda,” tandasnya.(*)

Penulis : Heriyanto Achmad

Editor : Achmad

Email Autoresponder indonesia