​Pintar Membuat Rumus kebijakan Tapi Lemah Dalam Pengawasan OPD

Bangkalan, Maduracorner.com-Kadang kita (pejabat) terlalu pintar membuat rumus kebijakan. Tapi sering  lemah dalam pengawasan dilingkungan organisasi perangkat daerah atau OPD (dulu namanya SKPD). Hal tersebut di sampaikan Kapolres Bangkalan, AKBP Anisullah M.Ridha saat mewakili Bupati Bangkalan, Muh. Makmun Ibnu Fuad memberi sambutan sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Dalam Rangka Penguatan Kapasitas Satuan Tugas Sistim Pengendalian Intern Pemerintah (Satgas-SPIP) OPD Tahun 2017 yang digelar digedung Rato Ebhu oleh Inspektorat Kabupaten Bangkalan yang diikuti ratusan peserta terdiri dari para Kepala Desa, 18 Camat, Sekcam, Legislatif, Kepala OPD dilingkungan Pemkab. Bangkalan.
“Kita (pejabat) terlalu pintar membuat rumus kebijakan. Tapi lemah dalam pengawasan dilingkungan OPD masing-masing,” terang Kapolres Bangkalan yang akrab dipanggil pak Anis, Rabu, (26/4/2017).
Itu sebabnya, pak Anis berharap nantinya ada pemaknaan yang sama dikalangan pejabat. Terutama dalam hal pengawasan internal diberbagai kegiatan, harus diawasi secara ketat khususnya dalam hal tata kelola keuangan. Termasuk penjagaan dan penggunaan aset daerah yang banyak belum dimanfaatkan secara maksimal.  Juga penggunakan sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber lainnya secara efisien. 
“Potensi yang ada di Bangkalan harus dikelola dengan baik. Yang kalah penting adalah meningkatkan pelayan publik,” tutur pak Anis. 
Acara dilanjutkan dengan penanda tanganan MoU antara Kapolres Bangkalan mewakili Bupati Bangkalan dengan Perwakilan BPKP Jatim. (yans) 
Penulis: Aryan

Editor: Atsaqib

Email Autoresponder indonesia