​Ribuan Penggemar Sepeda Ontel Se-Nusantara Banjiri Kota Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Ribuan penggemar sepeda ontel membanjiri Kabupaten Bangkalan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 71 RI. Para ontelis dari  Nusantara ini tidak hanya bersepeda, namun dilengkapi dengan kostum yang serba unik dan menarik.

 

Berbagai macam kostum mereka gunakan. Diantaranya, pakaian ala pejuang kemerdekaan dan pakaian tradisional khas Madura sambil membawa replika senjata seperti halnya celurit. 

 

Panitia Ngontel Bareng Ontelis Se-Nusantara, Jimhur Saros mengatakan, kegiatan ini salah satu semangat menjaga tradisi. Sebab, dengan tradisi bisa mengingat sejarah dan mampu mendefinisikan masa lalu.

“Pesertanya sekitar 2.500 orang. Melalui kegiatan semacam ini, diharapkan mampu mengenang historis para pejuang kemerdekaan dan mengambil hikmah dari nilai-nilai perjuangan,” ucap Jimhur kepada maduracorner.com, Minggu (7/8/2016).

 

Menurut Presiden K-Conk Mania ini selain untuk merayakan HUT ke 17 RI, bersepeda ontel mengitari Kota Bangkalan bertujuan menyambung ikatan persaudaraan antar pencinta sepeda tua di Indonesia. Keberadaan sepeda jaman dahulu yang menjadi simbol kendaraan para pejuang perlu dilestarikan. “Kalau bukan kita sebagai generasi penerus bangsa, siapa lagi yang mau mengenang jasa-jasa para pahlawan,” ucapnya.

 

Sementara itu, peserta sepeda ontel, Arif Hidayat berharap dengan kegiatan ini mampu menjadi bahan renungan betapa hebatnya pejuang dalam merebut kemerdakaan dengan peralatan yang seadanya. “Sangat luar biasa, ditengah kepungan arus modernisasi kami masih bisa mempertahankan kelestarian sepada ontel,”singkatnya. (her/mad)

Penulis: Heryanto Ahmad

Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia