​Ribuan Santri Dites Urine

2994 views


Bangkalan, maduracorner.com – Ribuan santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Syaichona Moch Kholil, Demangan, Kecamatan Bangkalan ikuti tes urine dan donor darah. Ketua Umum Ponpes Syaichona Moch Kholil, KH Nasih Aschal mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati HUT RI ke-71.

Kegiatan ini akan dilakukan secara bertahap dimulai dari santri baru 2016 dengan maksud untuk memastikan mereka betul-betul bebas dari obat-obatan terlarang. Kemudian, dilanjutkan dengan tes urine terhadap ratusan santri senior. 

“Tes urine hari ini masih untuk santri baru yang berjumlah sekitar 250 orang lebih dan tes urine nantinya akan dilanjutkan terhadap ratusan santri senior,” papar Nasih Aschal, Rabu (10/8/2016). 

Menurut Nasih Aschal, permasalahan narkoba saat ini sudah sangat serius karena sudah masuk ke semua lini. Kepala BNN, Budi waseso (Buwas) menyatakan bahwa narkoba sudah masuk ke ponpes. Karena itu perlu dilakukan antisipasi dini dan pencegahannya.

“Kami merasa prihatin dan terpanggil untuk menyuarakan perang terhadap obat-obatan terlarang atau narkoba,” kata Ra Nasih, panggilan akrab kyai muda ini. 

Bila dalam tes yang dilakukan ditemukan ada yang positif, maka akan dilakukan pembinaan terhadap santri tersebut. Selain itu ponpes juga harus menjadi media lembaga yang ikut memberikan sumbangsih kepada bangsa sehingga perlu keterbukaan dan kesadaran bersama.

“Bila nantinya ditemui santri positif narkoba, akan dilakukan pembinaan,” pungkas Ra Nasih.(yan)
Penulis : Yayan

Editor : Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia