​Serapan Tembakau di Pamekasan Masih Rendah

2680 views

​Serapan Tembakau di Pamekasan Masih Rendah


Pamekasan, Maduracorner.com – Serapan tembakau di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur memasuki akhir September 2016 masih rendah. Bahkan hanya 20 persen dari total 10 ribu ton perkiraan hasil produksi.

“Serapan tembakau sampai sekarang masih sekitar 2 ribu ton dan gudang yang buka itu juga tidak banyak,” ungkap Kadisperindag Pamekasan, Bambang Edy Suprapto, Senin (26/9/2016).

Bahkan sejauh ini pihaknya baru merekrut sekitar 33 tim pemantau yang diterjunkan ke lokasi. Jumlah itu hanya separuh dari jumlah tim pemantau yang direkrut oleh Disperindag Pamekasan.

“Tenaga pemantau biasanya kita 60 kita rekrut dan yang kita terjunkan ke lapangan sekitar 33 pemantau,” tambahnya.

Tapi terkait rendahnya serapan pihaknya belum mengetahui pasti penyebabnya. Namun kemungkinan karena dari pedagang yang masuk ke pabrikan sedikit. Tapi menurutnya yang pasti, gudang siap untuk menyerap.

“Kalau waktu kita kumpulkan mereka (pabrikan.red), sebelum panen kemarin mau diserap semua dan buka lebih lama,” imbuh Bambang.

Sementara mengenai harga beragam dari Rp. 20 ribu sampai Rp. 40 ribu, tergantung kualitas tembakau. Tetapi memang  harga lebih bagus karena produksi tembakau lebih sedikit dibanding tahun lalu.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali。       editor : altsaqib

Email Autoresponder indonesia