​Volume Kendaraan Arus Mudik Diprediksi Meningkat Enam Persen

Rapat kordinasi dalam rangka penyelenggaraan angkutan lebaran 2017

Bangkalan, maduracorner.com – Volume kendaraan yang melewati jumbatan Suramadu pada arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan mencapai kurang lebih 1.283.556 unit kendaraan roda dua maupun roda empat. Jumlah tersebut mengalami peningkatan enam persen dibanding arus mudik tahun 2016.”Untuk kendaraan yang melewati penyebrangan Pelabuhan Kamal peningkatannya diprediksi tidak signifikan hanya sekitar tiga persen atau kurang lebih 61.889 unit kendaraan,” jelas Kadishub Bangkalan, Ram Halili, Jum’at (16/6/2017).

Mantan Kasatpol PP ini mengaku dalam menyambut arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 H telah menyiapkan berbagai macam armada. Sebut saja, Angkutan Pedesaan sebanyak 166 unit, Bus antar Kota antar Provinsi (AKAP) 34 unit, Bus antar Kota dalam Provinsi (AKDP) 124 unit dan data MPU AKDP 152 unit. 

“Selain itu di Pelabuhan Kamal disediakan 5 kapal dan angkutan antar jemput sebanyak 4 unit kendaraan,” jelas Ram Halili. 

Wakil Bupati Bangkalan, Mondir A Rofii, menambahkan sejumlah titik krusial yang sering menimbulkan kemacetan menjadi perhatian khusus selama masa arus mudik dan balik lebaran.

“Pasar Patemon, Pasar Tanah Merah, Pasar Blega, Pasar Klampis dan Pasar Sepuluh merupakan titik-titik yang harus diantisipasi agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” ungkapnya.

Menurutnya, Kabupaten Bangkalan sebagai pintu masuk pulau Madura harus memberikan pelayanan maksimal agar dalam masa arus mudik dan balik lebaran masyarakat merasa nyaman dan aman.

“Intinya kami telah menyiapkan segala sesuatu demi kelencaraan arus lalu lintas,” tandasnya.(*)

Penulis : Heriyanto Ahmad

Editor : Achmad

Posting Terkait