​Wow! Bangkalan Kuasai Lomba Balai Bahasa Jawa Timur

3232 views

Foto: lomba dramatisasi cerpen yang digelar Balai Bahasa Jawa Timur

Bangkalan, maduracorner.com – Enam dari tujuh tim yang dikirim oleh sekolah tingkat SLTA yang ada di Bangkalan berhasil menyabet juara. Juara satu musikalisasi puisi diraih oleh SMKN 1 Bangkalan, juara tiga SMAN 3 Bangkalan, juara harapan 1 diraih SMAN 2 Bangkalan. Sedangkan dramatisasi cerpen SMAN 1 Arosbaya meraih juara dua, disusul dengan SMKN 1 Bangkalan dan SMAN 2 Bangkalan yang masing-masing meraih juara harapan satu dan dua.

Musikalisasi puisi digelar di Gedung Madrasah Aliyah (MA) Matholiul Anwar, Lamongan pada Kamis (15/09/2016. Sedangkan dramatisasi cerpen digelar pada hari yang sama di Wisma PGRI Kabupaten Magetan.

Dua lomba tersebut merupakan agenda tahunan yang digelar oleh Balai Bahasa Jawa Timur untuk menumbuhkan minat seni dan sastra di kalangan siswa. Hampir seluruh sekolah di Jawa Timur turut andil dalam lomba tersebut. Terutama sekolah-sekolah yang selama ini memang sangat peduli terhadap pelestarian seni dan sastra di tanah air.

“Kami sangat senang dengan semangat yang ditunjukkan oleh peserta dari Bangkalan. Alhamdulillah bisa meraih enam gelar. Padahal, persiapan sebelum lomba sangat mepet,” ujar Agus Alan Kusuma, ketua tim yang juga alumni STKIP PGRI Bangkalan.

Selain mendapatkan tropi, tim yang berhasil menjadi juara langsung diberi uang pembinaan oleh Balai Bahasa Jawa Timur sesaat setelah pengumuman juara. Alan, panggilan akrab ketua Komunitas Masyarakat Lumpur ini juga menyatakan tidak mempersoalkan hadiah, yang terpenting adalah lestarinya seni dan sastra di Indonesia.

Ia berharap, pemenang lomba akan juga berhasil meraih juara pada lomba yang digelar di tingkat nasional. Kabupaten Bangkalan selama ini memang sudah menjadi langganan untuk mewakili Jawa Timur di lomba musikalisasi puisi dan dramatisasi cerpen tingkat nasional.(yung)

 

Penulis: Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia