1.300 Rumah di Daerah Endemis DBD di Beri Abate dan di Foging.

petugas dari Puskesmas arosbaya saat melakukan foging di rumah warga.mc.com/arie

petugas dari Puskesmas arosbaya saat melakukan foging di rumah warga.mc.com/arie

 

Maduracorner.com,Bangkalan- sebanyak 1.300 rumah penduduk di  9 desa di kecamatan Arosbaya yang merupakan daerah endemis penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di beri Abate secara Cuma-Cuma. Selain diberi abate, petugas Dari Puskesmas Arosbaya juga memfoging didesa yang ada kasus DBD-nya. “Pemeriksaan jentik dan pemberian abate ini kita lakukan serentak di 9 desa yang merupakan wilayah kerja puskesmas Arosbaya, di desa yang ada kasus DBD-nya kita foging,“ terang Kepala Puskesmas Arosbaya, dr Nur Aida Rachmawati, Ahad (13/01).

Dijelaskan dia, dalam pemberian abate dan pemeriksaan jentik ini, pihaknya mengandeng siswa peserta ekstrakurikuler SMA Arosbaya. “Jumlah siswa yang kita terjunkan ada sekitar 100 orang lebih dan siswa ini pada saat memberikan abate kepada masyarakat didampingi oleh 48 petugas kesehatan,” jelas Nur Aida Rachmawati.

Lebih lanjut Nur Aida Rachmawati menjelaskan, sebelum pelaksanaan pemberian abate ini, para siswa diberi pelatihan pemeriksaan jentik dan pemberantasan sarang nyamuk. “Abate yang kita berikan itu sebanyak 3.900 bungkus. Dengan pemberian abate ini kita ingin membuat nyamuk menjadi galau,” tuturnya.

Dikatakan Nur Aida Rachmawati dengan pemberian abate secara serentak ini diharapkan mampu meningkatkan peran serta masyarakat agar bisa mandiri untuk sehat. Disamping itu juga untuk meningkatkan angka bebas jentik di kecamatan Arosabaya yang merupakan daerah endemis DBD.(min)

Email Autoresponder indonesia