10 Formasi Batuan Alami Di Dunia Yang Menakjubkan

1702 views

Tsingy

 

Bangkalan, Maduracoorner.com – Formasi batuan alami adalah hasil dari beberapa kreasi alam yang paling mengesankan dan menakjubkan di Bumi. Batuan alami ini terbentuk selama ribuan sampai jutaan tahun, formasi batuan muncul tak terduga dan menciptakan rasa takjub.

Formasi batuan terbentuk oleh elemen alam seperti panas, angin, hujan, dan erosi. Apa yang alam telah bentuk dengan elemen-elemen ini di dunia adalah mengagumkan. Ini formasi batuan alam yang luar biasa diciptakan perlahan-lahan dengan menggunakan bahan-bahan yang paling sulit.

Di bawah ini adalah sebuah gambaran dari 10 formasi batuan alami yang paling luar biasa di Dunia.

Tsingy de Bemaraha

Tsingy de Bemaraha

Photo Tsingy by Olivier Lejade CC BY-SA / Wikimedia

Terletak dekat pantai barat Madagaskar, Tsingy de Bemaraha adalah lanskap karst dari pinnacles kapur tajam disebut tsingy. Ngarai spektakuler dari sungai dan bukit-bukit Manambolo memotong melalui tsingy menciptakan pemandangan yang beragam. Hutan tidak terganggu, danau dan rawa bakau dari taman nasional adalah habitat langka dan burung.

Shilin, Stone Forest (Hutan Batu)

Shilin, Stone Forest

Photo Shilin Stone Forest by Brucke Osteuropa / Public / Wikimedia

Shilin, yang berarti “Hutan Batu” dalam bahasa Cina, adalah formasi karst di barat daya Cina. Tonjolan batu dari bumi mirip dengan cara stalagmit yang terdapat di sebuah gua. Batu-batu ini diperkirakan berumur 270 juta tahun. Daerah ini dahulunya adalah dasar laut dan aliran air menciptakan pinnacles megah. Hutan Batu dikunjungi lebih dari 2 juta pengunjung setahun.

White Desert (Padang Pasir Putih)

White Desert

Terletak sekitar 45 km sebelah utara dari oasis Farafra di luasnya Gurun Barat Mesir, Gurun Putih terbuat dari pembentukan kapur berbentuk aneh. Warna kontras yang jelas dengan coklat kekuningan dari gurun sekitarnya. Bahan kapur yang lembut pada elemen telah menjadi bentuk yang menakjubkan. Imajinasi luas berkembang di tempat yang sangat terpencil ini.

Bryce Canyon National Park (Taman Nasional Bryce Canyon)

Bryce Canyon National Park

Photo Bryce Canyon by Luca Galuzzi CC BY-SA / Wikimedia

Meskipun namanya Ngarai (Canyon), Bryce Canyon National Park sebenarnya serangkaian amphitheaters raksasa yang penuh dengan warna-warni pinnacles. Formasi batuan alami disebabkan oleh erosi angin dan air di batu kapur. Warna-warna merah, oranye, dan putih memberikan pemandangan yang terus berubah. Pinnacles juga dikenal sebagai hoodoos dan mencapai tinggi hingga 61 meter (200 kaki). Bryce Canyon diakui untuk kualitas udara yang baik dan visibilitas bisa sampai 200 mil.

Bungle Bungle Range

Bungle Bungle Range

Photo Purnululu by Baras CC BY-SA / Wikimedia

Bungle Bungle Range terletak di Taman Nasional Purnululu, Australia Barat. Rentang ini terdapat hingga 578 meter (1896 kaki) di atas permukaan laut dan terdiri dari kubah pasir khas bergaris dengan warna oranye dan abu-abu. Lekukan dari kubah adalah karena perbedaan kandungan liat dan porositas dari lapisan batu pasir. Lekukan oranye adalah lapisan tipis oksida besi sedangkan abu-abu adalah cyanobacteria yang tumbuh pada lapisan di mana kelembaban terakumulasi.

Giant Causeway

Giant Causeway

Photo Giants Causeway by Patrice / Public / Wikimedia

Terletak di pantai Timur Laut Irlandia, The Giant Causeway adalah formasi batuan spektakuler yang terdiri dari kolom basal terbentuk sekitar 50-60 juta tahun yang lalu. Sebagai aktivitas vulkanik basalt mendorong melalui kapur, kolom terbentuk secara vertikal. Ketika didinginkan, kolom retak membentuk bentuk heksagonal. kolom memiliki ketinggian hingga 12 meter (36 kaki). Banyak dari kolom telah terkikis hingga hanya puncak yang terlihat. Hal ini menciptakan jenis jalan batu rumit alami, sedemikian rinci.

Arches National Park (Taman Nasional Arches)

Arches National Park

Karya seni alam lain ditemukan di Utah, Taman Nasional Arches dikenal dengan lengkungan inspirasi alam. Wilayah garam tersimpan selama sekitar 300 juta tahun yang lalu dari laut surut membantu membentuk lebih dari 2000 lengkungan di taman. Pembentukan ini diperkirakan selama jutaan tahun dengan lengkungan menakjubkan.

Chocolate Hills

Chocolate Hills

Photo Chocolate Hills by Jeroen Hellingman CC BY-SA / Wikimedia

The Chocolate Hills adalah formasi geologi yang tidak biasa yang terdiri dari setidaknya 1.268 gundukan individu yang tersebar di seluruh interior pulau Bohol di Filipina. Formasi hampir simetris dan sama berukuran dengan tinggi berkisar dari 30 sampai 50 meter (98 hingga 164kaki) dan tertutup rumput hijau.

Monument Valley

Monument Valley

Photo Monument Valley by katsrcool CC BY / Wikimedia

Ketinggian hingga 300 meter (1000 kaki) batu pasir buttes dan mesas membentuk Monument Valley yang terletak di perbatasan Utah dan Arizona. Mungkin contoh yang paling terkenal dari lanskap Barat klasik Amerika, daerah ini telah menjadi latar bagi banyak film-film barat banyak. Secara teknis itu bukan lembah, namun pemandangan datar lebar dengan formasi batuan.

Goreme Fairy Chimneys

Goreme Fairy Chimneys

Photo Cappadocia by Mila Zinkova CC BY-SA / Wikimedia

Cappadocia, daerah yang terkenal dengan formasibatu alam aneh dan indah serta salah satu atraksi utama di Turki. Salah satu tempat terbaik untuk melihat formasi aneh adalah kota Goreme, yang terletak di antara sejumlah besar kerucut tuff, disebut fairy chimneys. Fairy chimneys telah terbentuk sebagai hasil dari erosi angin dan air dari dua lapisan vulkanik yang berbeda. Sebuah lapisan tebal tuff (konsolidasi abu vulkanik) ditutupi oleh lapisan tipis basal yang lebih tahan terhadap erosi.

Tentang Formasi Batuan Alami

Formasi batuan alami adalah hasil dari beberapa kreasi alam, terbentuk selama ribuan sampai jutaan tahun, oleh elemen alam seperti panas, angin, hujan, dan erosi.

10 Formasi Batuan Alami Di Dunia Reviewed by aura ilmu on Minggu, 28 Juni 2015
Sumber : As-salaam.com

By : Jiddan
Email Autoresponder indonesia