10 Puskesmas Belum Miliki Pengolahan Limbah Medis

873 views

image

Pamekasan, Maduracorner.com – Sebanyak sepuluh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur belum memiliki pengolahan limbah medis cair.

Sehingga limbah medis yang dihasilkan dari kegiatan di puskesmas dialirkan langsung ke saluran air atau tidak melalui proses pengolahan terlebih dahulu di instalasi pengolahan limbah medis cair.

“Kita sudah memberikan alat pengolahan limbah kepada 10 puskesmas, secara bertahap kita akan diberikan kepada sisa 10 puskesmas berikutnya,” kata Kadinkes Pamekasan, Ismail Bey, Jumat (5/2/2016).

Dikatakan Ismail, tahun ini akan ada pengadaan instalasi pengolahan limbah di 2 puskesmas sehingga dari sisa 10 puskesmas yang belum dianggarkan  alat pengolahan limbah sebanyak 8 puskesmas.

“Untuk pengolahan limbah padat medis, kita melakukan kerjasama dengan perusahaan karena kita belum bisa mengolah limbah padat medis,” imbuhnya.

Dikatakan Ismail, limbah medis baik padat maupun cair memang harus diolah dengan baik, karena jika terkontaminasi akan berbahaya bagi lingkungan karena mengandung bahan-bahan kimia.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali.       Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia