1000 Ha Sawah Milik Petani Terancam Puso

769 views

image

Padi terendam

Sampang, maduracorner.com – Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Sampang menghimbau agar petani segera memanen padinya apabila sudah waktu panen. Hal itu untuk menghindari adanya gagal panen akibat banjir yang merendam Sampang beberapa hari lalu.

Dari pendataan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Sampang, ada sekitar 1.083 hektar sawah di 3 Kecamatan yang terendam air pada saat banjir. Yakni Kecamatan Sampang, Jrengik dan Kedungdung. Dan paling parah area persawahan di Kecamatan Sampang Kota.

“Yang di Jrengik dan Kedungdung saya kira tidak berdampak negatif. Tapi kami himbau kepada petani disana untuk segera memanen padinya kalau sudah saatnya, dibandingkan hanya dibiarkan begitu saja,” ujar Kabid Teknis Disperta Sampang Suyono, Jumat (04/03/2015).

Untuk menghindari puso atau gagal panen, dirinya juga menghimbau agar pemilik lahan persawahan di wilayah Sampang melakukan penanganan dini. Yakni dengan mengikat padi agar kembali tegak dan tidak terendam air.

“Petani bisa mengikat padinya yang hampir masak. Sehingga padi bisa kembali tegak dan tidak terendam air,” tukasnya. (aji)

Editor: Buyung Pambudi

Email Autoresponder indonesia