11 Desa di Kecamatan Galis Alami Kekeringan

1473 views
image

Kekeringa di Galis

Bangkalan, Maduracorner.com – sebanyak 11 desa dari 21 desa yang ada di Kecamatan Galis pada musim kemarau tahun ini, mengalami kekeringan. Ke-11 desa itu diantaranya desa Separah, Kajuanak, Tlagah, Pakaan Laok, Kranggan Timur, Longkek, Daleman, Kelbung, Galis dan Desa Tellok. “Sumber air dan sumur warga di 11 desa yang mengalami kekeringan itu sudah dilaporkan ke bapak Bupati Bangkalan, Muhammad Makmun Ibnu Fuad  untuk mendapat bantuan air bersih,” ujar Camat Galis melalui  Kasie Kesmas Kecamatan Galis, Siti Aminah, Senin, (1/9/2014).

Sesuai jadwal yang telah ditentukan, kata Siti Aminah, rencananya bantuan air bersih dari bapak Bupati Bangkalan akan langsung di droping ke 11 desa pada bulan ini  secara bergiliran. “Dalam waktu dekat desa-desa itu akan langsung mendapat bantuan droping air bersih dari pak Bupati melalui truk tangki PDAM Bangkalan secara bergilir,” tuturnya.

Sementara itu, warga desa Daleman, Sodik  mengatakan untuk mengambil air di sumur di desanya itu, disamping antri juga harus bisa membaca situasi. Artinya, jika ingin mandi, cuci pakaian  dan mengambil air untuk memasak dirumah waktunya harus tepat. Jangan pagi hari dan jangan sore hari tapi siang hari sekitar pukul 10.00 wib hingga 11.00 wib, bisa di pastikan sumurnya agak sepi. “Kalau ingin MCK ke sumur desa jangan pagi atau sore hari, tapi antara pukul 10.00 – 11.00 suasananya agak sepi dan lebih bebas!” pungkas Sodik.

Penulis : Aryan
Editor.  : Sohib

Email Autoresponder indonesia