110 Guru ikuti seleksi calon Kepala Sekolah

1008 views
Calon Kepsek | oleh Amin Sohib
Maduracorner.com,Bangkalan – sebanyak 110 orang guru dilingkungan Dinas Pendidikan Bangkalan mengikuti tes calon Kepala sekolah. Ratusan calon Kepala Sekolah itu akan mengikuti tes selama 2 hari, dengan pelaksana tes dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Timur. “Para Calon Kepala Sekolah ini akan di tes akademik dan kompetensi,” jelas  Kepala LPMP Jatim, Salamun disela-sela pelaksanaan tes calon Kepala sekolah di  kampus STKIP Bangkalan, Senin (26/11).
Selain di tes akademik dan kompentensi, dalam seleksi calon Kepala sekolah itu juga akan dites masalah kepribadian dan social. “Jadi mereka juga dites kompotensi interprenership jiwa kewira usahaan, kompetensi menajerial, itu dari sisi manajemen, juga ada kompetensi supervisi, itu nanti akan menjadi kewenangan Peserta tes, pada saat dia diangkat menjadi kepala sekolah,” tutur Salamun
Lebih lanjut Salamun menjelaskan, setelah selesai melaksana tes, LPMP tidak berwenang untuk mengangkat peserta seleksi menjadi Kepala sekolah.  “Yang menentukan apakah peserta tes ini langsung diangkat menjadi kepala sekolah atau tidak, nanti yang menentukan adalah kepala daerah, kita hanya menyeleksi saja,” tukasnya.
Jadi imbuhnya, setelah melaksanakan seleksi, LPMP akan menyerahkan hasil seleksi itu kepada kepala daerah atau kepala Dinas Pendidikan. “Selesai seleksi kita serahkan, ini lho nilainya, mudahan-mudahan nilainya bagus semua, kalau bagus semua kan memenuhi sarat untuk diangkat menjadi kepala sekolah, silahkan dipakai untuk menentukan calon calon kepala sekolah mana yang mau diangkat,” tukas Salamun.
Lebih lanjut salamun menjelaskan, untuk mengangkat kepala sekolah, Kepala dinas tidak hanya berpatokan kepada hasil seleksi. “Mungkin diprioritaskan,  calok Kepala sekolah yang prilakunya bagus, karakter bagus, bukan hasil tes saja, tapi dedi kasi loyalitas, prestasi. Dan yang tahu persis semua itu adalah Kepala Dinas,” kata Salamun.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan, Moh Mohni menytakan, untuk mengangkat kepala sekolah nanti, pihaknya juga akan berpatokan kepada hasil seleksi yang dilakukan oleh LPMP ini. “Hasil tes ini akan dijadikan salah satu pertimbangan kita untuk mengakat kepala sekolah,” tuturnya.
Sebanyak 110 guru yang mengikuti seleksi calon kepala sekolah itu teridir dari guru SD sebanyak 84 orang, guru TK 10 orang dan guru SMP 16 orang. (min).Teks foto : tampak peserta seleksi calon kepala Sekolah usai mengikuti seleksi.

Email Autoresponder indonesia