112 Kades Terpilih Dilantik Bersamaan, Alun-Alun Kota Bangkalan Nyaris Lumpuh

image

Bupati lantik kades

Bangkalan, maduracorner.com – Sebanyak 112 kepala desa (kades) terpilih masa bakti tahun 2015-2021 dilantik Bupati Bangkalan, Muh Makmun Ibnu Fuad, rabu (8/7/2015) sore di Gedung Rato Ebuh. Ratusan kades ini adalah hasil pemilihan kepala desa serentak gelombang 1 yang digelar awal bulan lalu.

Imbas pelantikan massa ini pun membuat kemacetan di lokasi tersebut. Ratusan mobil yang mengangkut warga pengantar para kades mereka berjejer di sekitar alun-alun. Belum lagi warga yang biasa ngabuburit menjelang buka puasa.

“Macet mas. Maklumlah, pelantikan kadesnya bersamaan. Satu orang kades bisa diantar 20-30 orang. Baik oleh keluarga maupun warga mereka. Tinggal dikalikan itu dengan jumlah 112 kades yang dilantik”,celetuk salah seorang polisi lalu lintas yang mengatur kendaraan di depan Gedung Rato Ebuh.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Bangkalan berharap, pelantikan dan pengambilan sumpah 112 kades ini bisa dijadikan momentum untuk kepemimpinan yang lebih baik di tingkat desa. Juga bisa dijadikan landasan legal formal karena telah sah sebagai kades.

“Kades yang dilantik kini memiliki tanggung jawab dalam menjalankan pemerintahan desa masing-masing. Perlu disadari, tugas menjadi kades itu sangat berat. Sebab juga mempunyai tanggung jawab dan menjaga semangat untuk membangun desanya”,terang Makmun Ibnu Fuad.

“Termasuk memahami dan mentaati semua perundang-undangan pemerintah desa. Maka dalam kapasitas saudara sebagai pemimpin desa, kades harus menjadi suri tauladan bagi warga di desa masing- masing,”jelas bupati muda tersebut di hadapan para kades yang baru dilantik. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sharaawy

Email Autoresponder indonesia