12 Anggota Pansus Tour Ke Yogja dan Jakarta

790 views
ketua pansus Raperda RPJMD, Syaiful rizal. foto : krism/mc.com

ketua pansus Raperda RPJMD, Syaiful rizal. foto : krism/mc.com

Studi Banding Raperda RPJMD | oleh : krism

Maduracorner.com, Bangkalan – Sebanyak 12 anggota DPRD yang tergabung dalam panitia khusus (Pansus) rancangan peraturan daerah (perda) tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) melakukan studi banding ke kotamadya Yogjakarta.

Ketua Pansus I (raperda RPJMD), Syaiful Rijal, mengatakan kota Yogya dipilih sebagai rujukan pertama studi banding karena daerah tersebut sudah mem-perdakan RPJMD sejak tahun kemarin.

“Agenda kita untuk mengetahui seperti apa RPJMD Yogja berikut potensi dan gambaran pemerintahan disana. Lalu kita komparasikan sebagai bahan Raperda RPJMD Bangkalan yang sedang kita susun,” ujar Syaiful, Selasa (27/8) siang tadi.

Setelah Yogja, lanjut Syaiful, anggota pansus bersama wakil ketua DPRD akan bertolak ke Bappenas di Jakarta. Meski agendanya sama, namun kunjungan mereka ke Bappenas lebih bersifat konsultatif, yakni untuk mensingkronisasi rencana pembangungan jangka menengah nasional (RPJMN).

“Agendanya sama, cuma lebih spesifik untuk mendapatkan sinkronisasi dengan RPJMN,” imbuhnya lagi.

Selanjutnya, masih menurut Syaiful, setelah mendapatkan komparasi bahan yang cukup, maka sesegera mungkin Pansus kembali ke Bangkalan untuk melanjutkan pembahasan Raperda RPJMD.

“Terus terang kita sedang dikejar waktu. Karena kita dideadline untuk segera merampungkan Raperda RPJMD paling lambat 4 September. Tapi kami masih berusaha untuk meminta tambahan waktu kepada Bamus (badan musyawarah) agar pembahasan raperda RPJMD lebih sempurna,” pungkas Syaiful.(krs)

Email Autoresponder indonesia