12 Tahun Jadi TKW, Diarak Pakai Kuda Saat Pulkam

727 views
12 Tahun Jadi  TKW, Diarak Pakai Kuda Saat Pulkam-foto: Teguh/MC.com

12 Tahun Jadi  TKW, Diarak Pakai Kuda Saat Pulkam-foto: Teguh/MC.com

Kisah TKW | oleh : Teguh

Maduracorner.com, Sumenep — Suniyah (33), warga Dusun Congkak, Desa Beluk kenek, Kecamatan Ambunten, Sumenep, akhirnya pulang kampung (pulkam),  setelah 12 tahun menjadi TKW  di Arab Saudi. Wanita kampung yang sudah bergelar HJ lantaran sudah 3 kali menunaikan ibadah umroh, diarak keliling kampung  dengan menggunakan kuda hias oleh sanak kadang kemarin di kampungnya.  
 
Tentu saja kedatangan Lutfiyah, mengundang haru seluruh keluarga dan handai tolan. Bahkan masyarakat yang menyambut kedatangannya, tidak sedikit yang menitikkan air mata karena haru. Hal itu dikarenakan, banyak masyarakat yang menghina, mencibir, bahkan mencemoohnya saat akan berangkat menjadi  tenaga kerja wanita (TKW) 12  tahun yang lalu tepatnya 2002 lalu.
 
“Akhirnya kami bisa berkumpul kembali dengan keluargaku disini, terima kasih ya Allah, engkau maha segalanya,” katanya dengan menitikkan air mata.
 
Tentu saja kisah sukses wanita kampung yang tegar ini, tidak seperti membalikkan telapak tangan, perjuangan demi perjuangan  selama 12 tahun dirinya menjadi TKW di Arab Saudi, tidak sedikit godaan dan tantangan yang mendera. Lebih-lebih saat berangkat ke Saudi, Lutfiyah  bersetatus janda,  lantaran berpisah dengan suaminya.
 
Pada usia 20 tahun, ia nekat menjadi TKW dan meninggalkan anak semata wayangnya demi duit, demi memenuhi kebutuhan hidupnya yang serba kekurangan saat di kampung. Kebulatan tekad itulah ia mampu menepis semua rintangan dan tantangan yang menghadang dengan bekerja dan terus bekerja, akhirnya Lutfiyah mampu membangun rumah layak huni, serta juga telah menunaikan ibadaah haji satu kali.
 
“Memang banyak godaannya kalau bekerja di Arab, kalau tidak godaan dari majikan ya godaan dari sesama pekerja,  apalagi kalau kita berangkat sendiri ke sana, tapi kalau kita mampu menepis semua godaan itu, Insyaallah sukses,” terangnya.
 
Ditanya untuk balik lagi menjadi TKW ke Arab Saudi,  Lutfiyah belum bisa mejawab.“ Kita lihat dulu situasinya, jika kita bisa berusaha disini di Indonesia saya lebih baik di sini kumpul dengan keluarga,” katanya. (tgh/lam)

Email Autoresponder indonesia