13 Puskesmas Belum Bisa Layani Pemeriksaan HIV/AIDS

704 views
image

Ilustrasi

Pamekasan, Maduracorner.com – Sebanyak 13 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Pamekasan Jawa Timur belum bisa melayani pemeriksaan HIV/AIDS.

Pasalnya 13 puskesmas tersebut belum memiliki peralatan medis dan sumber daya manusia. Sehingga dari 20 puskesmas di Pamekasan hanya 7 puskesmas yang bisa melayani.

Puskesmas yang bisa melayani pemeriksaan HIV/AIDS tersebut masing-masing Puskesmas Larangan, Teja, Pademawu, Palengaan, Pasean, Waru dan Batumarmar.

Kadinkes Pamekasan, Ismail Bey mengatakan, untuk bisa memeriksa HIV/AIDS harus mengikuti pelatihan yang tidak bisa diikuti sembarang orang.

“Untuk bisa memeriksa HIV/AIDS harus ada pelatihan yang tidak sembarang orang bisa melakukannya dan harus dokter,” kata Ismail, Senin (30/11/2015).

Selain itu, untuk bisa melakukan pemeriksaan HIV/AIDS butuh sarana dan prasana ataupun peralatan medis yang memadai. Sehingga tidak semua bisa melakukan pemeriksaan.

“Tapi kami upayakan agar seluruh puskesmas bisa melayani pemeriksaan HIV dengan melatih beberapa dokter,” imbuh Ismail.

Dia berharap masyarakat tidak malu untuk memeriksakan HIV karena masih menganggap sebagai aib. Sebab jika dibiarkan maka penularannya semakin meluas.

“Kami juga akan meminta petugas untuk lebih proaktif dan jemput bola,” pungkasnya.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali.       Editor : Altsaqib