14.015 Siswa SMP/MTS Terdaftar Sebagai Peserta UN 2014

679 views

KTUN Siswa Diserahkan ke Sekolah Masing – Masing | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Sebanyak 14.015 siswa SMP/MTs di Kabupaten Bangkalan telah terdaftar sebagai peserta UN 2014 tingkat SMP sederajat yang akan diselenggarakan secara serentak selama 4 hari, mulai tanggal 5 Mei hingga 8 Mei 2014 bulan depan

“Sesuai daftar nominasi tetap (DNT), peserta UN 2014 SMP/ MTs di Bangkalan berjumlah 14.015 peserta,” terang Kepala Disdik Bangkalan, M.Mohni melalui Kasie Kurikulum SMP/ SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Irianto saat di konfirmasi melalui telepon selulernya, Sabtu, (26/4).

Adapun rincian peserta UN 2014 SMP/ MTs tersebut, lanjut Risman, jumlah peserta dari SMP Negeri, SMP Terbuka dan swasta 9.468 siswa dengan lembaga penyelenggara berjumlah 68 sekolah. Peserta dari MTs Negeri dan swasta 4.547 siswa dengan lembaga penyelenggara 56 sekolah. Sedangkan kartu tanda ujian nasional (KTUN) sebagai syarat mutlak siswa untuk mengikuti UN 2014 telah diserahkan kesekolah masing – masing. “Tanpa KTUN, siswa tidak akan diperkenankan ikut UN 2014,” ungkap Risman.

Dia menambahkan, untuk sistem pengawasan UN SMP sederajat tahun ini, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yakni selain diawasi oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jatim yang bertindak selaku koordinator pengawas UN, peserta un juga diawasi oleh utusan guru dari SMP negeri/swasta yang ditunjuk sebagai pengawas dengan memakai sistim silang. Artinya, guru yang diberi mandat sebagai pengawas UN, tidak boleh menjadi pengawas disekolahnya sendiri tapi disilang atau tukar tugas dengan pengawas dari sekolah lainnya.

“Selain diawasi LPMP Jatim sebagai koordinator pengawas UN SMP/MTS juga diawasi guru SMP negeri, swasta dan MTs dengan cara sistim silang,” papar Risman.

Sementara itu, untuk pendistribusian naskah materi UN SMP/MTs, sesuai rencana akan dikirim oleh Disdik Provinsi Jatim, Rabu, 30 April 2014 dan langsung diamankan di Mapolsek setempat.

“Tepat hari H pelaksanaan UN 2014 SMP sederajat, pagi-pagi benar para kasek, pihak penyelenggara dan dikawal Kapolsek setempat mengambil naskah materi untuk didistribusikan ke puluhan sekolah penyelenggara UN SMP 2014,” pungkasnya. (yan/shb)

Email Autoresponder indonesia