15 Desa dan Kelurahan di Sampang Rawan Banjir

1190 views

image

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sampang, Ach. Fauzen

Sampang,Maduracorner.com- sebanyak 6  desa dan 9  kelurahan di wilayah Kabupaten Sampang masuk dalam kategori kawasan rawan banjir, hal itu dari tingginya intensitas curah hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten tersebu

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sampang, Ach Fauzen menyatakan, sejumlah wilayah masuk dalam katagori waspada banjir setelah dilakukan pemetaan dan juga berkaca pada pengalaman bencana banjir tahun sebelumnya.

“Enam kelurahan dan sembilan desa semuanya berada diwilayah Kecamatan Sampang Kota, diantaranya Kelurahan Delpenang, Rongtengah, Banyuanyar, Karang Dalem, Polagan dan Gunung Sekar. Sementara Desa yang rawan banjir adalah Desa Gunung Maddeh, Pasean, Panggung, Pangilen, Kemuning, Tanggumung, Banyumas, Taman Sareh dan Baruh,” terangnya, Rabu (04/02/2015).

Banjir yang kerap terjadi di wilayah Kecamatan Sampang kota ini, kasusnya masih sama seperti banjir pada tahun-tahun sebelumnya, yakni akibat meluapnya sungai kemuning yang letaknya membelah Kota Sampang. Dan banjir akan semakin parah saat air laut pasang, sebab Kota Sampang berada dekat dengan laut.

“Banjir di Sampang ini akibat luapan sungai kemuning, jadi daerah yang ada didekatnya menjadi rawan banjir,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau agar masyarakat selalu waspada, sehingga apabila banjir melanda kemungkinan terburuk bisa dihindari.

Penulis : S Umar Al Farouq
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia