15 SKPD Dapat Piagam Penghargaan Dari Bupati Momon

899 views

Terbaik dalam Penyusunan Anggaran  tahun 2012   | Oleh : A.Shohib

Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat menyerahkan piagam penghargaan-foto : A.Shohib/Mc.com

Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat menyerahkan piagam penghargaan-foto : A.Shohib/Mc.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Pemkab Bnagkalan memberikan piagam penghargaan kepada 15 Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD)  yang keluar sebagai SKPD terbaik dalam penyusunan laporan keuangan tahun 2012. piagam penghargaan itu diberikan langsung oleh Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad di sela-sela acara Bimbingan tehnis pengelolaan keuangan daerah berdasarkan PP 71 tahun 2010 tentang standar akutansi pemerintahan (SAP), di aula Diponegoro pemkab Bangkalan, Rabu (25/9).

ke-15 SKPD yang memperoleh piagam penghargaan itu antara lain:
Bappeda, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertambangan dan energi,  Dishubkominfo, RSUD  Syamrabu, Dinsosnakertrans, Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas PU  Bina Marga, BPKAD, Dinas Pendidikan dan Dinas PU Cipta Karya. Dari 15 SKPD penerima piagam penghargaan itu, yang terbaik adalah Bappeda dengan nilai laporan kinerja, kecepatan, kualitas sebesar 257.

Dalam kesempatan itu Bupati bangkalan yang akrab dipanggil Ra Momon menjelaskan, minimnya sumber daya manusia (SDM) yang berlatar belakang akutansi di pemkab bangkalan untuk menerapkan PP 71 Tahun 2010 tentang standar akutansi pemerintahan (SAP), maka pemkab bangkalan memberikan Bimbingan Tehnis (Bintek) pengelolaan keuangan daerah kepada pimpinan dan pengelola anggaran di satuan perangkat kerja Daerah (SKPD).

“Saat ini PNS yang berlatar belakang pendidikan akutansi sangat terbatas, makanya kita lakukan bintek ini selain untuk meningkatkan SDM, bintek ini dilakukan agar prestasi WTP dari BPK RI yang telah di raih pemkab selama tiga kali berturut tetap bisa di pertahankandan bintek di pemkab bangkalan merupakan yang pertama dan satu satunya di Jatim,” jelas Ra Momon.

Lebih lanjut Ra Momon menjelaskan, dalam bintek pengelolaan keuangan ini, tidak hanya pengelola anggaran di skpd saja yang di beri pelatihan, akan tetapi kepala SKPD-nya di beri pelatihan juga.”Bukan hanya bawahannya saja yang tahu dalam pengelolaan anggaran, Kadisnya juga harus memahami, makanya mereka juga kita ikutkan dalam bintek ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan pengelolaan keuangan dan aset daerah (BPKAD), Ahmat Hafid, menjelaskan  bintek pengelolaan anggaran ini akan dilaksanakan selama 3 hari .”Besok para pejabat pengelola keuangan di SKPD akan mengikuti bintek di gedung pertemuan ratoh ebuh,” pungkas Ahmat Hafid. (min)

Email Autoresponder indonesia