170 CJH Bangkalan Terancam Batal Berangkat Ke Tanah Suci

745 views

Ratusan CJH Bangkalan Terancam  Batal Berangkat ke Mekkah      | Oleh : A.Shohib

 

Kasi Penyelenggaraan haji dan Umroh Kemenag bangkalan, Abdul Hamid-Foto : A.Shohib/MC.com

Kasi Penyelenggaraan haji dan Umroh Kemenag bangkalan, Abdul Hamid-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Berita tentang Pengurangan kuota Haji tahun 2013 ini membuat calon jema’ah haji (CJH) asal kabupaten resah. Pasalnya jika pengurangan kuota ini terjadi, maka sekitar 170 CJH terancam gagal melaksanakan ibadah haji tahun ini. “Adanya berita pengurangan kuota haji ini membuat CJH kita galau, sebab kalau betul betul terjadi, maka 20 persen CJH kita harus menjadi waiting list lagi,” terang Kasi Penyelenggaran haji dan Umroh kantor Kementerian agama Bangkalan, H Abdul Hamid, Rabu (12/06).

Dijelaskan dia, jumlah CJH kabupaten bangkalan yang akan berangkat menunaikan ibadah haji saat ini sebanyak 859 orang, dari jumlah tersebut kalau terjadi pengurangan kuota haji sebesar 20 persen, maka ada sekitar 170 CJH yang harus rela berangkat tahun depan. “Tapi sampai saat ini kami belum menerima surat secara resmi dari Kanwil Kemenag Jatim, makanya kami masih menunggu surat resmi tentang pengurangan kuota itu,” jelas Abdul Hamid.

Ketika ditanya bagaimana tehnis dari pengurangan kuota itu ? Abdul Hamid belum bisa memberikan penjelasan secara pasti. “Kita kan masih menunggu surat resmi, apa dari nanti diurut dari nomer porsi termuda, apakah dari usia, saya belum tahu juga, dan pengurangan kuota haji ini bukan hanya di Indonesia saja, tapi seluruh dunia,” tuturnya.

Sementara itu pada hari terakhir pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah haji (BPIH) masih terisa sekitar 5 persen CJH yang belum melunasi BPIH-nya. “Mereka yang belum melunasi itu ada yang memang menunda, ada yang masih menunggu kiriman uang, tapi saya yakin insya Allah mereka akan melunasinya, dan kalau ada CJH yang tidak melunasi ya secara otomatis mereka menjadi waiting list lagi,” kata Abdul Hamid.

Terpisah salah seorang pengurus KBIH Al-Gratis, Fauzan el Bas mengaku kuatir dengan adanya pemberitaan pengurangan kuota haji itu. “Kita ketar ketir pak, taku-takut nanti yang terkenan potong dalam pengurangan jemaah haji itu adalah jemaah kami,” kata Fauzan el Bas.

Pada musim haij tahun ini, KBIH Al-Gratis akan memberangkatkan sekitar 90 orang lebih jemaah haji. “Kami akan memberangkatkan 2 rombongan atau sekitar 90 orang, ya kalau terkena pengurangan kuota kami juga bingung,” tuturnya.

Fauzan elbas mengharapkan, agar pemerintah Arab Aaudi bisa secepatnya menyelesaikan pembangunan Masjidil haram. “harapan kami pembangunan masjidil haram cepat selesai, agar tidak ada pengurangan kuota,” pungkas Fauzan elbas. (min).

Email Autoresponder indonesia