18 Milyar Dana BOS Madrasah di Bangkalan Baru Terserap Rp 8,1 Milyar

image

Bangkalan, maduracorner.com – Jumlah dana bantuan BOS untuk madrasah sebesar Rp 18 milyar tahap awal ternyata baru terserap sangat minim. Gelontorkan dana per semester atau 6 bulan sekali pada tahun 2015 ini baru diserap sebesar Rp 8,1 milyar.

Dana semester awal yang sudah cair ini untuk bulan Januari hingga Juni 2015 yang diperuntukkan kepada 330 lembaga pendidikan (LP). Rinciannya, Madarasah Aliyah (MA) sebanyak 56 LP, Madrasah Tsanawiyah (MTS) 134 LP dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) 140 LP. Lembaga-lembaga tersebut berada langsung dibawah wewenang Kemenag Kabupaten Bangkalan.

“Jumlah total dana BOS sebesar Rp 36 milyar yang dibagi 2 kali semester. Jadi masing-masing Rp 18 milyar.  Ini untuk 330 LP di Kabupaten Bangkalan. Dan hingga bulan juli ini baru terserap Rp 8,1 milyar,”terang Kasi Pendidikan Madarasah (Pendma) Kemenag Kabupaten Bangkalan, Mufi Imron kepada maduracorner.com, rabu (22/7/2015) siang.

Menurut penjelasan Mufi Imron, minimnya penyerapan dana BOS semester pertama 2015 tersebut karena keterlambatan penyerahan surat pertanggung jawabannya (SPJ) dari masing-masing sekolah. Mufi Imron pun memberi batas waktu bagi sekolah yang belum menyerahkan SPJ agar secepatnya diserahkan. “Kami minta secepatnya atau pada minggu-minggu ini sudah tuntas SPJ tersebut”,tandasnya.

Bahkan, untuk membantu percepatan pembuatan SPJ ini, para Pengawas Sekolah juga akan turun ke lapangan. Terutama untuk membantu sekolah yang belum membuat SPJ. “Sebab jika sampai akhir tahun ini SPJ tidak juga diajukan, maka dengan sangat terpaksa dana BOS tersebut akan dikembalikan ke pusat”,tegas Imron. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia