18 Siswa Utusan SD di Bangkalan Adu Kecakapan Membatik

1529 views
image

18 Siswa Utusan SD di Bangkalan Adu Kecakapan Membatik

Bangkalan, maduracorner.com – Sebanyak 18 siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) adu kecakapan membatik. Mereka adalah kontingen dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Bangkalan dalam lomba MIPA dan Kreativitas Siswa tingkat Kabupaten. Gelar adu kreativitas ini digelar di SDN Bancaran II dan SDN Bancaran IV, Rabu (16/3/2016).

Ke-18 siswa SD tersebut tampak serius dan jemarinya lincah dalam proses memberikan motif di kain yang sudah di sediakan oleh pihak panitia. Nyaris sama dengan para pengrajin batik pada umumnya.

Salah satu Pengawas TK/SD Disdik Bangkalan, Muroso yang ditemui ketika melakukan pemantauan menjelaskan, penilaian yang dilakukan terhadap adu kreatifitas membatik ini difokuskan pada ornamennya, teknik membatik, komposisi, kreatifitas dan kebersihan. Pihak panitia pun hanya memberikan waktu selama 4 jam.

“Dari pengamatan kami, kreatifitas siswa dalam membatik ini cukup bagus dan sangat kreatif. Ada mengambil motif burung, perahu dan motif bamboo”,kata Muroso kepada maduracorner.com.

Menurutnya, lomba adu kreatifitas membatik tersebut merupakan seleksi tingkat kabupaten Bangkalan. Juara satu nantinya akan dikirim ke tingkat propinsi sebagai duta daerah. Mereka bersaing kembali dengan 38 utusan kabupaten/kota se Jatim untuk memperebutkan tiket ke tingkat nasional.

“Kami akan melakukan penilaian untuk menentukan para juaranya. Karena pemenangnya akan ditunjuk mewakili Kabupaten Bangkalan di tingkat Provinsi Jawa Timur. Pemenang juga nanti akan mendapatkan uang pembinaan,”ungkapnya.

Sementara itu, salah satu siswi peserta membatik, Mayumi dari SDN Telaga III, kecamatan Galis menyampaikan, ilmu teknik membantik tersebut didapatnya saat kegitan ekstra di sekolahnya. “Saya sangat suka membatik. Dalam lomba ini saya pilih motif burung,”katanya sambil tersenyum. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia