2 Hadiah Penalti Menangkan Perseba Atas Laskar Mojopahit

657 views
Perseba sukses atasi tamunya (PSMP Mojokerto)  dengan skor 4-2. foto : krism/mc.com

Perseba sukses atasi tamunya (PSMP Mojokerto) dengan skor 4-2. foto : krism/mc.com

 

PSB Lumat PSMP Dengan Skor 4-2 | oleh : krism

Maduracorner.com, Bangkalan – Kali kedua bermain kandang pada fase 12 besar Divisi Utama Liga Indonesia, Perseba Super Bangkalan (PSB) berhasil menundukkan tamunya PSMP Mojokerto dengan skor 4-2, Senin (8/7) sore tadi di Stadion Gelora Bangkalan (SGB). Gol PSB di ciptakan Fandi Ahmad dan Danilo Fernando masing-masing 2 gol. Sedangkan, 2 gol PSMP semuanya dicetak striker Bationo Germain.

Secara kolektif, permainan kedua tim berjalan imbang. Bahkan sejak menit-menit awal dimulainya kick off, kedua tim sama-sama bermain sabar dengan menjaga tempo. Terutama PSMP, statusnya sebagai tim tamu tidak mau gegabah melancarkan serangan.

Hanya saja, saat permainan berjalan pada menit keempat, dalam sebuah kesempatan, gelandang serang PSB, Hariyanto melepaskan terobosan lambung kepada Fandi Ahmad yang datang dari blind site sektor kiri pertahanan PSMP. Betul saja, lini belakang tidak menyangka umpan tersebut berhasil diterima dengan baik oleh Fandi yang membuatnya langsung berhadapan dengan kiper PSMP, Fafa Tarista. Dengan gerakan mengecoh, Fandi berhasil melewati penjaga gawang dan melesakkan bola ke sudut sempit tiang dekat. Gol pembuka kemenangan 1-0 buat tim tuan rumah.

Mengejar ketertinggalan, PSMP mulai meningkatkan intensitas serangan. Melalui kreasi Asman Akman, tepatnya di menit 10 Laskar Mojopahit mencoba peruntungan melalui aksi individu Supaham di dekat kotak penalti PSB, namun sayang tendangan kerasnya masih melambung jauh diatas mistar gawang PSB yang dikawal M Juni.

Selanjutnya, dalam interval tidak lebih dari 3 menit, kedua tim saling balas serangan. Dalam 10 menit kedua, masing-masing tim nyaris membukukan peluang diantaranya dari tendangan keras striker PSB Perry Somah yang masih diselamatkan sempurna oleh Fafa di menit 12. kemudian PSMP membalasnya lagi dari tendangna keras Supaham 3 menit berselang, namun masih bisa diblok keluar lapangan oleh M Juni. 3 menit berikutnya, Perry kembali mengancam laskar mojopahit meski arah tendangannya masih melebar ke sisi kanan gawang.

Nah, kesempatan gol balasan tim tamu baru datang di menit ke 19. Lagi-lagi berawal dari penetrasi Supaham, sebuah umpan lambung menyilang mengarah akurat ke sisi tiang jauh disambut sempurna Bationo Germain, dengan tandukannya yang keras membuat bola langsung bersarang di pojok kiri gawang M Juni. Tim tamu berhasil menyamakan kedudukan menjadi imbang 1-1.

Dengan kedudukan tersebut, situasi lapangan hijau mulai memanas. Kedua tim semakin giat jual beli serangan. Hingga akhirnya pada menit ke 29, aksi individu winger PSB Hariyanto yang mencoba menusuk jantung pertahanan dirasa membahayakan sehingga bek jangkar PSMP Peter Liepede terpaksa melakukan ganjalan keras. Namun sialnya, antisipasi mereka terlambat karena Hariyanto sudah berada dalam kotak 12 pass. Sehingga pelanggaran itu diganjar hadiah penalti oleh wasit asal surabaya Bahrul Ulum. Danilo sebagai eksekutor menunaikan tugasnya dengan baik, tendanganya melesak lugas ke arah pojok kiri gawang PSMP. Dan skor 2-1, keunggulan sementara untuk tim tuan rumah.

Sejak saat itu, PSB tampak mendominasi serangan. Berulang kali Danilo, Fandi dan Perry menebar ancaman ke gawang Fafa. Bahkan, di menit 39 tim tuan rumah nyaris menggandakan keunggulan jika saja umpan silang Nizar yang berhasil disundul Fandi tidak membentur tiang gawang PSMP. Hingga peluit babak turun minum, tim tuan rumah masih unggul 2-1.

Di babak kedua, PSMP mengawali laga dengan serangan cepat Supaham. Yang kemudian diteruskan melalui umpan cantik ke Germain. Sayang tendangannya masih tepat dipelukan M Juni, kiper tuan rumah. Tim tamu kembali menekan, di menit 54, melalui proses tendangan pojok, Germain kembali melakukan sundulan keras ke arah gawang, namun lagi-lagi gagal dan berhasil diamankan sempurna oleh M Juni.

Sebaliknya, justru Laskar Suramadu yang menggandakan keunggulan. Melalui skema serangan balik cepat, Fandi Ahmad melakukan penetrasi dari sektor kiri pertahanan PSMP, namun lagi-lagi antisipasi bek jangkar Bejo Sugiantoro cs salah. Fandi Ahmad diganjal dalam area kotak terlarang. Untuk kedua kalinya PSB menerima hadiah penalti dan berhasil diselesaikan dengan baik oleh Danilo. Skor 3-1 untuk tuan rumah. Sempat terjadi ketegangan pada penalti kedua tersebut, karena wasit melihat salah satu pemain PSMP memasuki kotak 12 pass sebelum dirinya meniupkan peluit penalti. Sehingga eksekusi tendangan pertama Danilo yang berhasil ditepis keluar oleh Fafa, dianulir wasit dan harus diulang.

Mungkin karena kecewa yang terlalu mendalam, mental tim tamu mulai meredup. Dan PSB semakin leluasa membombardir pertahanan PSMP. Hingga kemudian di menit 85, Fandi Ahmad berhasil mencuri bola dari kawalan Bejo Sugiantoro sekaligus melesakkannya ke sudut sempit sisi kiri gawang Fafa. Laskar Suramadu semakin unggul dengan skor 4-1. Namun gol balasan tim tamu datang semenit kemudian, laskar mojopahit berhasil memperkecil jarak melalui tendangan keras Bationo Germain yang disarangkan ke pojok kanan M Juni. Dan skor 4-2 bertahan hingga penghujung pertandingan.(krs)

Email Autoresponder indonesia