20 Calon Komisioner KPUD Bangkalan Ikuti Tes Wawancara

436 views
Salah seorang peserta saat menjalani test wawancara-foto: Agus/MC.com

Salah seorang peserta saat menjalani test wawancara-foto: Agus/MC.com

Seleksi 10 besar yang bakal ikuti fit and propertes I oleh : Agus Budi

Maduracorner.com,Bangkalan – sebanyak 20 peserta calon Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjalani test wawacara, setelah sebelum mereka menjalani tes tulis, tes Psikologi dan Tes Kesehatan. Tes wawancara yang berlangsung selama 2 ini untuk menyaring 10 peserta yang bakal direkomendasi timsel untuk mengikuti Fit and Propertes di KPU Propinsi Jawa Timur (Jatim).

Ketua Timsel Syafi’, mengatakan tes wawancara yang berlangusung 2 hari ini akan menyaring 10 besar peserta untuk direkomendasikan ke KPU Propinsi. Untuk menyaring 10 peserta tersebut pihaknya akan mewawancarai 20 peserta dengan 4 materi wawancara antara lain ; tetang managemen pemilihan umum (Pemilu), tentang sistem politik, tentang perundang-undangan yang berkaitan dengan Pemilu. Dan tentang bagaimana menyelesaikan apabila ada pengaduan masyarakat tentang pemilu.”Jadi 4 hal itu yang akan jadi pedoman kami untuk menyaring 10 peserta yang akan direkom ke Propinsi,” jelas Dosen Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu. Sabtu(17/5)

Dikatakan Syafi’, apabila ada peserta yang merasa kurang puas terhadap hasil keputusan timsel, atas nilai kesehatan, tes Psikologi dan hasil tes yang lain, para peserta berhak mengajukan gugatan kepada lembaga hukum yakni pengadilan. ”Jadi apabila ada peserta yang tidak puas dengan hasil keputusan, bisa mengajukan gugatan ke Pengadilan,” katanya.

Apabila sudah ada rekom dari pengadilan kata Syafi’, pihaknya akan memberikan apa yang diminta/ apa yang menjadi keberatan peserta.”Jika sudah ada rekom pengadilan kami siap membuka data yang diperlukan terkait gugatan, karena tampa rekom pengadilan kami tidak bisa membuka hasil apapun, karena tindakan kami di atur oleh undang-undang,” tukas Syafi’.

Terpisah, ketua komisioner KPU yang juga sebagai peserta Fauzan Jakfar saat ditanya harapan dan peluangnya, dia mengatakan bahwa dirinya mempunyai peluang yang sama dengan peserta yang lain dan berharap agar nantinya yang komisioner yang terpilih betul-betul orang yang kompeten dan berkualitas.

“Peluang saya sama dengan peserta yang lain. Soal harapan, secara pribadi karena saya merasa punya tanggung jawab ya berharap tetap bisa diterima, hanya secara umum harapan saya mudah-mudahan nantinya yang diterima betul-betul orang yang kompeten dan berkualitas”, pungkas Fauzan. (gus/shb)