2013 PJU Suramadu Sisi Madura Akan Tuntas

525 views

PJU Suramadu | oleh : Kasiono

2013 PJU Suramadu Sisi Madura Akan Tuntas-Foto: Dok/MC.com

Maduracorner.com, Bangkalan-Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas di jalan akses Suramadu sisi Madura pada malam hari, pada November 2012, Badan Pelaksana Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (Bapel BPWS), melaksanakan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Ada 108 lampu. Diantaranya 54 lampu di sisi kiri daN 54 lampu di sisi kanan jalan akses. Dengan jarang masing-masing lampu 40 meter. Dengan sebanyak titik lampu, berarti sekitar 2 Km yang akan mendapatkan penerangan listrik.

“BPWS menyegerakan pemangan PJU ini, karena prihatin dan banyaknya usulan masyarakat agar jalan itu segera dipasang lampu. Sebab sering terjadi kecelakaan di jalan akses karena tidak ada penerangan listrik,” kata kepala BP-BPWS Ir Mohammad Irian M Eng SC, Jumat (30/11/2012) sore.

Dikatakan sebelumnya pada Juni 2012 BPWS sudah melakukan pemasangan PJU yang sama di jalan akses jembatan Suramadu sisi Madura. Yakni dari pertigaan Tangkel, ujung akses Suramadu sisi Madura di Kecamatan Burneh. Lampu di pasang sepanajang 2 KM dari pertigaan tersebut ke arah selatan. Yakni telah terpasang 90 lampu. Yakni 45 lampu di sisi kanan dan 45 lampu di sisi kiri. Untuk pemasangan pertama yang selesai September 2012, masyarakat pengguna kendaraan bermotor sudah bisa menikmati penerangan jalan raya ini.

Dengan begitu kata Mohamad Irian, tahun 2012 sedikitnya 4 KM jalan akses Suramadu sisi Madura yang dipasangi PJU hingga tahap dua selesai.

“Seluruh jalan akses akan diterangi PJU. Namun tidak bisa sekaligus selesai tahun ini. Mudah-mudahan pada 2013 seluruh jalan akses Suramadu sisi Madura sudah terpasang PJU. Sehingga pengguna kendaraan bermotor khususnya masyarakat Madura, nyaman saat melintas di jalan ini. Dan yang paling penting bisa terhindar dari kecelakaan,” harapnya. (Ion).