25 Takmir Di Bangkalan Dibekali Pengetahuan Pemotongan Hewan Kurban

Maduracorner.com, Bangkalan- Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan menggelar Workshop Juru Sembelih Halal (Juleha) kepada 25 orang perwakilan Takmir Masjid se Kabupaten Bangkalan dengan materi “Penatalaksanaan
Pemotongan Hewan Kurban” di Ruang Sujaki Setda Kabupaten Bangkalan, Kamis, (25/07/2019).

Menurut Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan Ahmad Hafid kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan kepada petugas Takmir Masjid tentang pentingnya Penatalaksanaan Pemotongan Hewan Kurban yang sesuai teknis higienis sanitasi dan syariat islam.

”Kami berharap nanti hari raya qurban mereka bisa memotong hewan lebih baik, dan juga bagaimana cara mereka memperlakukan hewan kurban ini dengan baik, peserta juga kita bekali tehnik penyembelihan hewan kurban yang benar, hingga jangan sampai penyembelihan hewan itu tidak syar’i” ungkapnya.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Bangkalan, KH. Syarifuddin Damanhuri, mengatakan di sejumlah pasar besar di Bangkalan masih banyak pemotong unggas yang tidak berhati hati karna hanya sebatas mengejar cepat selesai.

“Contoh seperti ini cara penyembelihan yang salah dan tidak syah, tentu hewan yang disembelih ini hukumnya bangkai dan tidak boleh dimakan,” ujarnya.

Sehingga MUI Bangkalan menghimbau kepada lapisan masyarakat untuk selektif membeli hewan potong dari aspek sambelihannya, entah itu unggas dan daging lainnya.

“Agar Membeli makanan yang halal dan tayyibah. Yaitu bagaimana cara penyembelihanya, serta tepat menurut syariat dan etika penyembeli itu harus seperti apa,” pungkasnya (tkn)

Email Autoresponder indonesia