26 Rumah Rusak Parah Kerugian Diperkirakan Capai Rp.1 Miliar Rupiah

Maduracorner.com, Sumenep- Sedikitnya ada 26 rumah yang rusak parah yang tersebar di empat Dusun di Desa Bulleen Kecamatan Batuputih, akibat dampak dari bencana gempa bumi. Adapun kerugian diperkirakan mencapai Rp. 1 miliar rupiah.

Sekertaris Desa Bulleen, Ahmad Suhairi (49), Menuturkan, kronologis gempa bumi, terjadi setelah selesai solat tarawih, warga dari empat dusun di Desa Bulleen ini berhamburan panik dan terpaksa harus berada di luar rumah karena khawatir terjadi gempa susulan.

“Akibat bencana gempa ini sebanyak 26 rumah yang tersebar di empat Dusun, yakni Dusun Bunnu, Bajur, Manjingan dan Bungireng, roboh dan rusak parah tidak bisa ditempati, dengan nilai kerugian sekitar kurang lebih Rp. 1 miliar,” ujarnya.

Sedangkan korban akibat gempa ini, lanjut Suhairi, sebanyak 6 orang, ada yang patah tulang, kepala bocor dan luka ringan lainnya, akibat tertimpa reruntuhan bangunan. “Korban yang patah tulang bernama zei dan yang kepala bocor bernama Tirta, sedangkan empat korban lainnya luka ringan” tuturnya.

Suhairi mendesak pemerintah daerah termasuk Bupati Sumenep, turun tangan memberikan bantuan kepada korban bencana gempa di desanya, warga yang terdampak ini, tempat tinggalnya sudah tidak bisa ditempati lagi lantaran sudah rusak parah.

” Kami sangat memohon kepada bapak Bupati Sumenep, turun langsung memberi bantuan kepada korban bencana gempa, untuk memperbaiki rumahnya yang rusak parah” keluhnya.

Kata Suhairi, Saat ini aparat Desa setempat tidak dapat berbuat banyak, hanya membantu mengevakuasi para korban dengan bantuan seadanya. “Pasca kejadian, warganya dihantui rasa ketakutan, mereka terpaksa di berada di luar rumahnya. Bahkan sebagian menempati mobil truk di tengah sawah, karena rumah tinggalnya rusak parah tidak bisa ditempati” pungkasnya(sai)