39 Ribu Gakin  Belum Tercover Jaminan Kesehatan

505 views

Pamekasan, Maduracorner.com – Sebanyak 39 ribu keluarga miskin (gakin) di Kabupaten Pamekasan belum tercatat sebagai peserta jaminan kesehatan baik Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun Jamkesmas.

Bupati Pamekasan, Ahmad Syafii mengatakan 39 ribu gakin tersebut akan menjadi tanggungan pemerintah daerah. Sehingga dalam APBD tahun 2015, pemkab akan menganggarkan jaminan kesehatan untuk mereka.

“Ada BPJS negara. Tetapi masih 39 ribu keluarga miskin atau tidak mampu tidak tercover dari APBN. Dan itu akan kita cover dari APBD,” katanya.

Tidak tanggung-tanggung, Pemkab bernecana menganggarkan Rp. 10 Milyar pada APBD 2015 untuk menjamin kesehatan 39 ribu warga yang belum tercover tersebut.

Namun dirinya mengaku masih bingung bagaimana sistemnya, menyusul adanya program baru dari pemerintahan Jokowi – JK yakni kartu indonesia sehat (KIS) yang hingga saat ini belum ada sosialisasi ke daerah. Apalagi terkait sinkronasinya kepada BPJS.

“Kita harap secepatnya dilakukan sosialisasi ke bawah, karena kalau ini sosialisasinya lebih dulu digembar gemborkan di media. Sementara aparat di bawah belum tahu. ini menimbulkan keresahan,” tambahnya.

Penulis : Fatahillah Kamali                       Editor : Gebril Altsaqib