Disdik Ralat Istilah UN Online

1045 views

image

Bangkalan,maduracorner.com – Pemakaian istilah Ujian Nasional (UN) Online yang dikenal selama ini diluruskan oleh pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan. Salah satunya karena sistem UN tersebut tidak sepenuhnya online namun masih terhubung dengan komputer induk disekolah. Hal ini dijelaskan oleh Kasi Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Hariyanto kepada maduracorner.com, kamis (28/5/2015).

Risman melanjutkan, ketika pengerjaan UN sudah selesai di komputer induk sekolah, baru dihubungkan dengan sistem online pusat. Ia pun menyatakan, sistem UN ini lebih pas disebut Computer Based Test (CBT).

“Istilah UN Online sebenarnya kurang tepat. Alasannya, ya seperti yang saya jelaskan tadi. Bahkan aat pengerjaan UN selesai di komputer induk sekolah, baru bisa terhubung ke on line ke pusat. Termasuk UN sistem ini bisa dikerjakan di rumah atau diwarnet. Makanya lebih tepat disebut CBT,”terang Risman.

Menurut Risman, ujian dengan sistem CBT ini akan terus diperluas penerapannya tahun depan. Salah satu penyebanya, yakni menjamin hasil ujian lebih objektif pengerjaannya oleh siswa yang bersangkutan.

“Kelebihan CBT ketimbang UN tertulis biasa, tingkat kejujurannya dijamin 100 persen dan tingkat kebocorannya nol persen,”tegas Risman. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia