Macam-macam Modus Penipuan

1805 views

index2

Bangkalan, maduracorner.com – Dalam hal ini ingin memberikan informasi tentang modus-modus penipuan agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat, sehingga tidak menjadi korban penipuan. Adapun modus-modus penipuan tersebut antara lain :

  1. Penipuan dengan modus lowongan kerja fiktif yang diinformasikan via SMS, Facebook, Twitter, Blackberry Messenger, Website Iklan Gratis, Website Pribadi, Blog dan Email. Jika anda mendapatkan informasi lowongan kerja melalui media yang disebutkan di atas, maka jangan mencoba melamar, karena anda bisa tertipu. Lowongan kerja yang diinformasikan penipu biasanya mengatasnamakan perusahaan besar seperti Pertamina, Unilever, PT. PLN, PT. Semen Gresik, PT. Central Korporindo, PT. Borneo Jaya Energi, PT. Cevron, PT. Freeport Indonesia, Petronas, Premier Oil Indonesia dan lain sebagainya. Jika anda mengirim lamaran, maka penipu akan mengirim surat panggilan test  via email dan mewajibkan anda untuk membayar biaya transportasi dan akomodasi pada jasa travel tertentu, tapi pembayaran biaya transportasi dan akomodasi tersebut diminta ditransfer ke nomor rekening pribadi (nomor rekening penipu), bukan ke nomor rekening perusahaan jasa travel atau nomor rekening perusahaan penyedia lowongan kerja. Jika anda mentransfer biaya transportasi dan akomodasi ke nomor rekening penipu, maka anda bersiap untuk menangis karena uang yang anda transfer langsung diambil penipu dan pekerjaan yang anda impikan tidak anda peroleh. Oleh karena itu waspadalah.
  2. Penipuan dengan modus promo barang elektronik (Blackbery, Ipad, Camera, Laptop/Notebook, Komputer, HP dan lain sebagainya) yang diinformasikan via SMS, Blackberry Messenger, Twitter, Facebook, Website, Iklan Gratis, Blog gratisan dan bahkan menggunakan media website berbayar. Jika anda mendapatkan infomasi tentang promo elektronik murah melalui media tersebut di atas, maka anda wajib waspada karena dapat dipastikan 100% penipuan. Jika anda tertarik untuk membeli dan mentransfer uang, maka barang yang anda beli tidak pernah dikirim dan anda malah bisa diperas dengan berbagai macam alasan. Oleh karena itu waspadalah.
  3. Penipuan dengan promo tiket pesawat domestik dan internasional yang diinformasikan via SMS, Blackberry Messenger, Twitter, Facebook, Website, Iklan Gratis, Blog gratisan. Jika anda mendapatkan infomasi tentang promo tiket pesawat murah melalui media tersebut di atas, maka anda wajib waspada karena dapat dipastikan 100% penipuan. Jika anda tertarik untuk membeli dan mentransfer uang, maka tiket pesawat  yang anda beli tidak pernah dikirim dan anda malah bisa diperas dengan berbagai macam alasan. Oleh karena itu waspadalah.
  4. Penipuan dengan modus undian berhadiah (hadiah mobil Avanza, cek Rp. 75 juta, tabungan haji Rp. 100 juta, uang tunai, emas) yang dikirim via SMS dapat dipastikan 100% adalah penipuan. Biasanya mengatasnamakan perusahaan besar, antara lain : TELKOMSEL, INDOSAT, SIDOMUNCUL, TRI, XL AXIATA, UNILEVER, dan lain-lain.
  5. Penipuan dengan modus minta transfer uang, minta transfer pulsa, minta sedekah, agen pulsa M;Kios, angka jitu togel dapat dipastikan 100% adalah penipuan.
  6. Penipuan dengan modus penjualan mebel yang biasanya dinformasikan lewat website. Untuk memastikan apakah pemilik website toko mebel online tersebut adalah seorang penipu. Mintalah sistem pembayaran dengan cara rekber (rekening bersama) dan COD (Cash On Delivery). Jika pemilik website tidak mau maka dapat dipastikan pemilik website toko online tersebut adalah penipu. Oleh karena itu waspadalah.
  7. Penipuan dengan modus investasi. Jika seseorang menawarkan anda produk investasi dan menjanjikan keuntungan besar dapat dipastikan 100% adalah penipuan. Keuntungan investasi yang relevan adalah setara dengan bunga deposito atau sedikit lebih besar dari bunga deposito. Oleh karena itu waspadalah.
  8. Penipuan dengan modus tertarik beli rumah, tertarik beli mobil yang dikirim via SMS dapat dipastikan 100% penipuan.
  9. Penipuan dengan modus mengatasnamakan pejabat, aparat kepolisian yang ujung-ujungnya minta transfer uang dapat dipastikan 100% penipuan.
  10. Penipuan dengan modus jasa pembuatan KTP Palsu, KK Palsu, Ijazah Palsu, SIM Palsu, STNK Palsu, BPKB Palsu, Pasport Palsu, dan dokumen palsu lainnya.
  11. Penipuan dengan memberikan struk ATM palsu dalam rangka pembelian barang.

 

index1

Dan masih banyak penipuan dengan modus lainnya seperti tertarik mengontrak rumah, tapi ujung-ujungnya membawa lari sepeda motor tetangga. Ada juga penipu mengatakan bersedia membantu anda atas musibah yang menimpa diri anda tapi ujung-ujungnya minta transfer uang.

By : Jiddan

Email Autoresponder indonesia