47 Desa Dinyatakan Kering Kritis

662 views
kepala BPBD Wahid Hidayat. foto : aryan/mc.com

kepala BPBD Wahid Hidayat. foto : aryan/mc.com

BPBD Siaga Bencana| Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan menyatakan siaga bencana kering kritis terhadap 47 desa yang tersebar di 17 kecamatan.

“Dari 153 desa yang terancam kekeri ngan, sekitar 47 desa masuk katagori kering kritis. Saya masih menunggu laporan lebih lanjut karena tidak tertutup dari kemungkinan pada bulan – bulan berikutnya masih ada lagi desa-desa uang bakal masuk katagori kering keritis. Apalagi terhitung sejak 28 Agus tus hingga 20 Oktober 2013 nanti Bupati Bangkalan,R.K.Muh.Makmun Ibnu Fuad telah menetapkan status siaga bencana kekeringan di Kabupaten Bangkalan,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, Wahid Hidayat, kepada MC.com, Kamis (26/9).

Dari 17 kecamatan yang dinyatakan rawan kekeringan, yang paling parah terkena bencana kekeringan 3 kecamatan yakni kecamatan Kokop, Konang dan Kecamatan Geger.

Sebagai solusi sementara, BPBD dan instansi lain yang terlibat didalamnya memperioritaskan dropping air bersih ke 3 kecamatan tersebut. Kemudian disusul kecamatan lainnya bekerja sama dengan PDAM Bangkalan.

“Setiap harinya paling sedikit kami droping air bersih sebanyak 15 tangki kedesa – desa yang membutuhkan atau lebih dari itu dan disesuaikan dengan surat pengajuan permohonan   bantuan air bersih yang masuk ke Posko Bencana Kekeringan BPBD Bangkalan,” pungkas Hidayat. (yan).

Email Autoresponder indonesia