5 Bulan BOS di Bangkalan Tak Cair Lagi, 37 Ribu Siswa Kebingungan

image

Bangkalan, maduracorner.com –  Sekitar 37 ribu siswa dari MI, MTS dan MA di Kabupaten Bangkalan kelabakan. Mereka mengeluhkan mandeknya pencairan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  ini. Macetnya pencairan BOS tersebut terhitung sudah lima bulan (Januari – Mei 2015).

Padahal jika bercermin di tahun 2014 lalu, para siswa penerima BOS lancar menerima pencairan setiap triwulan atau 3 bulan sekali. Yakni langsung cair ke rekening siswa masing – masing. “Dana BOS belum saya  terima selama tahun 2015 ini. Saya bingung, mas. Karena dana BOS itu sangat saya butuhkan untuk membeli alat-alat keperluan sekolah,”keluh salah satu siswa MTS Negeri Bangkalan, Moh. Imron kepada maduracorner.com, senin (25/5/2015) siang.

Hal senada juga disampaikan oleh salah seorang guru MTS swasta di Kecamatan Klampis, Abdus Salam. Menurut dia, honor yang diterimanya setiap bulan sebagai seorang guru memang diambilkan dari dana BOS. Maka saat pencairan BOS macet, Abdus Salam pun mulai kebingungan.

“Kalau sampai triwulan kedua (Juni 2015) ini dana BOS belum juga cair, saya tidak bisa ngomong apa – apa lagi. Karena pencairan dana BOS ini untuk pemenuhan kebutuhan hidup kami sehari-hari,”ujar Abdus Salam dengan wajah cemas. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia