5 Keajaiban Sentuhan Bunda Pada Bayi Baru Lahir

991 views

Membangun naluri untuk menyusu pada sang bunda. By : An

Bayi
Maduracorner.com.Bangkalan – Menjadi seorang ibu merupakan anugerah terindah bagi seorang wanita. Setelah lahir bayi akan dibersihkan, ditimbang, dan diukur panjang tubuhnya. Setelah itu, bayi akan dikembalikan pada ibunya untuk disusui. Nah, menurut mag for women, ternyata memang sentuhan kulit ibu pada bayi yang baru lahir mempunyai keajaiban bagi bayinya. Apa saja sih? Yuk bunda disimak.

Napas bayi jadi stabil
Saat dalam kandungan, bayi seakan dilindungi oleh ‘kantong pelindung’. Saat lahir, bisa saja bayi merasa tak nyaman karena harus keluar dari kantung pelindungnya tadi. Namun, ketika bayi mendapat sentuhan dan pelukan ibu, si bayi akan merasa nyaman dan aman. Perasaan mereka ini akan membuat napas mereka menjadi lebih stabil. Sentuhan ibu juga membuat detak jantung si bayi teratur.

Mencegah stres pada bayi
Ketika buah hati didekatkan pada Anda dan diletakkan di dada, bayi akan tak mudah menangis. Hal ini menandakan bahwa mereka merasa nyaman. Mereka juga tak akan stres ketika harus berkenalan dengan lingkungan baru. Dunia adalah lingkungan baru bagi bayi dan dalam pelukan bunda mereka, mereka akan merasa nyaman dan tidak stres.

Membuat gula darah dan suhu tubuh stabil
Bayi juga mengalami perubahan dalam tubuh saat mereka dilahirkan. Terlebih, mereka pasti akan mengalami banyak tekanan setelah lahir di dunia. Bersentuhan dan berada dalam pelukan sang bunda, akan membuat gula darah dan suhu tubuh bayi menjadi normal.

Menjalin ikatan antara bayi dan ibu
Sentuhan kulit antara ibu dan bayi yang baru lahir akan membentuk ikatan yang kuat. Itulah sebabnya mengapa si anak akan langsung mengenali ibunya. Selain itu, sentuhan pada bayi tak hanya bermanfaat bagi si bayi namun juga sang bunda. Ibu yang langsung menyentuh bayi mereka setelah melahirkan, akan memiliki rasa cemas yang lebih rendah. Selain itu, memeluk anak akan mengurangi rasa sakit bagi ibu melahirkan.

Membangun naluri anak
Saat anak langsung disentuh dan dipeluk oleh ibu, mereka akan langsung membangun naluri untuk menyusu pada sang bunda. Tentu saja hal ini sangat baik, terutama jika Anda berencana untuk memberikan ASI ekslusif pada bayi Anda. Bahkan jika ibu tak memberikan ASI, memeluk anak akan memberikan rasa nyaman dan dicintai.

Email Autoresponder indonesia