5 Manfaat Tidur dalam Keadaan Gelap

819 views

download

Bangkalan,Maduracorner.com – Berikut adalah manfaat kesehatan bila Anda tidur dalam keadaan gelap:

1. Hormon melatonin
Beberapa ahli biologi seperti Joan Robert mengemukakan bahwa saat Anda tidur dalam keadaan lampu yang mati, tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghasil kekebalan tubuh terhadap penyakit.
Tetapi saat Anda menyalakan lampu saat akan tidur pada malam hari, maka tubuh tidak akan memproduksi hormone melatonin. Kerena itu disarankan untuk Anda mematikan lampu pada malam hari saat akan tidur.

2. Lebih cepat terlelap
Selain membantu tubuh untuk memproduksi hormon kekebalan tubuh, mematikan lampu saat malam hari juga akan membuat Anda lebih cepat terlelap, sehingga secara tidak langsung akan membuat tubuh Anda lebih sehat dan segar saat bangun di pagi hari.
Ini juga menjadi salah satu cara ampuh untuk Anda agar tidak mudah letih dan lesu.

3. Mengurangi lemak
Manfaat lain dari mematikan lampu saat tidur ternyata dapat mengurangi lemak tubuh dan menghindarkan Anda dari resiko obesitas (kegemukan).

4. Meningkatkan kinerja otak
Tidur lelap dalam gelap juga dapat meningkatkan kinerja otak dan secara tidak langsung mengurangi pikun saat Anda memasuk usia lanjut. Selain itu, dapat menghilangkan stress karena akan merelaksasikan pikiran Anda saat berada dalam ruangan yang gelap.
Hal ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara meditasi ringan yang dapat Anda lakukan sehingga secara tidak langsung akan menstabilkan emosi dan pikiran Anda.

5. Mengurangi resiko global warming
Disamping bermanfaat untuk tubuh, mematikan lampu pada malam hari juga membantu mengurangi resiko terjadinya global warning.
Penggunaan energi listrik saat malam hari lebih besar dampaknya terhadap global warning, selain itu mematikan lampu pada malam hari juga akan menghemat biaya listrik Anda.

Sumber : teruskan. com

By : Jiddan

Email Autoresponder indonesia