5 Tips menjadi pemimpin hebat

788 views

Agar bisa melakukan tugasnya dengan baik I By : mzh

523245_578170262208621_1459132383_n

Maduracorner.com.Bangkalan – Menjadi seorang pemimpin, di manapun itu, bukanlah suatu hal yang gampang untuk dilakukan. Banyak hal yang harus dikuasai seorang pemimpin agar bisa melakukan tugasnya dengan baik, dan membimbing anak buahnya menjadi lebih baik. Berikut ini adalah beberapa tips menjadi pemimpin yang baik, dilansir dari Business Insider.

1. Rencanakan semua langkah, namun tetap sisakan ruang untuk spontanitas
Dalam dunia kerja, rencana dan rancangan adalah hal yang mutlak harus dilakukan oleh siapapun. Apalagi bagi seorang pemimpin, rencana adalah senjata utama yang harus dibuat dan dipoles sedemikian rupa agar bisa menjadi kesuksesan bagi semua kru-nya. Buat rencana Anda sedetil mungkin, karena tugas seorang pemimpin adalah membuat anak buahnya mengerti. Meski begitu, Anda tetap perlu memberi ruang untuk spontanitas, sehingga ketika keadaan di lapangan tidak sesuai dengan harapan Anda, semua dapat teratasi dengan tepat dan cepat.

2. Dengarkan dulu sebelum bicara
Seni menjadi pemimpin yang hebat adalah mau mendengarkan ide dan gagasan anak buahnya. Meskipun memiliki kuasa penuh dalam pengambilan keputusan, keterbukaan dalam mendengarkan anak buahnya akan dapat memberi sudut pandang baru yang berguna bagi rencana bersama. Selain itu, sebelum menentukan keputusan, seorang pemimpin harus mampu menempatkan diri di posisi anak buahnya untuk melihat apakah keputusan tersebut bisa tepat untuk semua orang. Yang penting, jangan gegabah dan egois.

3. Perhatikan penampilan
Kinerja Anda memanglah hal yang penting untuk kelangsungan karir Anda. Namun, urusan penampilan tentu harus menjadi perhatian Anda. Mungkin Anda tidak perlu memakai setelan jas setiap hari untuk bekerja, namun setidaknya perhatian warna, kondisi, dan ukuran pakaian kerja yang Anda kenakan. Perhatikan setiap lekukannya, apakah ada yang kusut atau terlipat. Ini akan menjadi contoh yang baik bagi anak buah Anda dalam menghargai totalitas.

4. Berolahragalah
Dengan tubuh yang sehat bugar, maka pikiran pun akan sehat. Pikiran yang sehat diperlukan oleh seorang pemimpin untuk dapat menghasilkan keputusan yang adil. Dengan rajin berolahraga, daya tahan tubuh akan terjaga dan kinerja pun meningkat.

5. Banyak-banyak tersenyum
Saat rapat ataupun saat melakukan koordinasi dengan anak buah, seorang pemimpin harus mampu mengalirkan energi positif agar semangat anak buah dapat terpompa. Salah satu cara mengalirkan energi positif kepada anak buah adalah dengan tersenyum. Meskipun Anda pria, tersenyum pada anak buah tidak haram hukumnya.

Sudah siap untuk menjadi pemimpin proyek di kantor Anda?

Sumber : Merdeka.com
Email Autoresponder indonesia