558 PPL Dibekali Bimtek

788 views
Anggota panwaskab sampang Akhmad Ripto. foto : sofia/mc.com

Anggota panwaskab sampang Akhmad Ripto. foto : sofia/mc.com

Optimalkan Pengawasan Pilpres | oleh : sofia

Maduracorner.com, Sampang – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kabupaten Sampang berjanji akan mengoptimalkan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu presiden (pilpres) pada 9 Juli mendatang. Setidanya komitmen ini disampaikan salah satu anggotanya, Akhmad Ripto, Kamis (3/7) siang tadi.

Dia menuturkan, pihaknya telah mensiagakan sebanyak 558 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 9 Juli mendatang. Bahkan hal itu sudah dilakukan di setiap tahapan Pemilu, setiap desa ada satu sampai lima anggota PPL, yang dibantu 42 Panitia Pengawas Kecamatan (PPK), dan 3 anggota Panwaskab.

Ripto menegaskan kepada para jajarannya, terlebih para PPL agar tidak terpengaruh intimidasi, sehingga pengawasan bisa berjalan dengan baik.

“Sabtu mendatang kami akan memberikan Bimtek kepada para PPL, agar tahu bagaimana bisa menjadi pengawas yang baik,” ucapnya.

Di sisi lain, Ripto juga berharap kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk juga melakukan pembenahan. Terutama kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Berkaca pada pengalaman lalu, Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan KPU Sampang untuk menghitung ulang surat suara DPRD Kabupaten Dapil 2 yakni di 9 desa Kecamatan Kedungdung. Ripto menilai ini menunjukkan kalau pelaksanaan pemilu di Sampang belum berjalan sesuai dengan prosedur yang ada.(fia/krs)

 

 

Email Autoresponder indonesia