599 Pemilih Sumenep Tak Terkaver DPT Pileg

641 views

Mayoritas Luput Pendataan | oleh : teguh

maduracorner.com, Sumenep – Sebanyak 599 warga Sumenep yang mempunyai hak pilih, tidak tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Legislatif (Pileg) 2014. Ali Fikri, Komisioner KPU Sumenep menjelaskan, ratusan pemilih yang tidak masuk DPT itu diperkirakan luput saat pendataan.

“Ya mereka mungkin ketelisut saat pendataan, makanya mereka tidak masuk dalam DPT. Untuk itu, sekarang mereka didata dalam daftar pemilih khusus (DPK),” terangnya Kamis (20/3) siang tadi.

Selain ada yang memang terlewatkan, ada juga yang belum terdata di DPT karena yang bersangkutan mobilitasnya memang tinggi. Domisilinya berpindah-pindah.

“Nah, kalau saat ini baru ketahuan akan berdiam dimana saat pemilu, maka mereka bisa dicatat di DPK,” terangnya.

Dia kemudian menguraikan, hasil penelusuran PPS, untuk Kabupaten Sumenep, didapati sedikitnya 599 pemilih yang belum terdaftar dan dimasukkan dalam DPK. Jumlah itu masih dimungkinkan terus bertambah, karena updating data akan dilakukan hingga H-14 Pemilu.

Pendataan untuk DPK tingkat Kabupaten ini sampai 26 Maret. Sedangkan penetapan di KPU Provinsi dilakukan 30 Maret. Sedangkan total jumlah pemilih yang tercantum dalam DPT untuk Pemilu Legislatif di Sumenep sebanyak 894.444 pemilih

“Namun kami  yakin, untuk Sumenep kalaupun ada tambahan pemilih di DPK, jumlahnya tidak banyak,” ungkapnya.(tgh/krs)

 

Email Autoresponder indonesia