6 Desa di Kecamatan Arosbaya Rawan Banjir

1387 views

image

Bangkalan,Maduracorner.com– 6 desa di Kecamatan Arosbaya rawan Banjir, ke-6 desa itu diantaranya, Desa Arosbaya, Buduran, Desa Plakaran, Tengket dan Tambegen. Memasuki musim penghujan Saat ini di 6 desa tersebut tengah dilakukan siaga banjir.  “Dusun Ngantemoran Desa Arosbaya dan Kampung Buduran Desa Buduran paling parah terkena banjir karena dekat dengan sungai. Sedangkan Desa Lajing menjadi genangan air pada saat musim hujan  sebab sampai ini tidak memiliki sanitasi atau saluran pembuangan air,” ujar Camat Arosbaya melalui Sekcam Kecamatan Arosbaya, Achmad Shiddiq, Rabu, (26/11/2014).

Dikatakan Shiddiq,  desa – desa tersebut sudah menjadi langganan  banjir pada saat musim. hujan.pertanda  datangnya banjir itu  bisa dilihat dari air sungai yang ada  diperbatasan wilayah antara  Kecamatan Arosbaya –  Kecamatan Klampis.  Jika debit airnya tinggi dan mengalir pelan, itu artinya 5 desa diatas akan terkena banjir.

Sementara itu,  Desa Batanaong, Desa Karang Duwek dan Desa Panden Janjang yang berbatasan langsung dengan Desa Binoh Kecamatan Burneh.  Sering diterpa  angin puting beliung pada saat pergantian musim kemarau ke musim hujan. Itu sebabnya 3 Desa ini senantiasa siaga angin puting beliung. “Jauh-jauh hari antara pihak kecamatan bekerjasama dengan para kepala desa mengadakan sosialisasi tentang bahaya banjir musiman dan angin puting beliung kepada warga. Agar mereka tidak lengah dan selalu siaga,” pungkas mantan Lurah Mlajah tersebut.

Penulis : Aryan
Editor   : Sohib

Email Autoresponder indonesia