6 Efek ‘mengerikan’ minuman bersoda pada tubuh

1151 views
6 Efek 'mengerikan' minuman bersoda pada tubuh

Ilustrasi minuman bersoda. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Markus Mainka

Bangkalan, Maduracorner.comMinuman bersoda memiliki efek yang keras pada tubuh. Selain mengandung banyak gula, minuman bersoda juga kaya zat kimia, seperti zat pewarna makanan dan pengawet. Berikut kami sajikan enam efek samping dari minuman bersoda pada tubuh, seperti dilansir Boldsky.

1. Kerusakan gigi
Minuman soda mengandung asam yang dapat mengikis enamel. Hal itu akan membuat gigi rawan rusak dan menjadi lebih sensitif.

2. Kerusakan tulang
Asam fosfat yang terkandung dalam minuman bersoda sangat beracun untuk tulang. Hal tersebut bisa menyebabkan tulang menjadi keropos dan akhirnya menimbulkan osteoporosis.

3. Batu ginjal
Asam fosfat yang terkandung dalam minuman bersoda juga menyebabkan masalah pada ginjal. Ginjal sulit mengeluarkan asam fosfat dan memicu munculnya batu ginjal.

4. Kerusakan kulit
Terlalu sering minum minuman bersoda dapat menyebabkan kulit mengendur dan memicu penuaan dini.

5. Obesitas
Banyak studi menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak minuman bersoda bisa menyebabkan obesitas pada anak-anak dan orang dewasa.

6. Malnutrisi
Minuman bersoda mengandung kafein yang bisa memicu kecanduan. Hal itu bisa membuat seseorang mengalami kekurangan gizi karena dia akan tertarik untuk mengonsumsi lebih banyak minuman bersoda.

Inilah enam efek mengerikan minuman soda pada tubuh. Jika Anda memang memperhatikan kesehatan, sebaiknya kurangi konsumsi minuman energi atau bersoda karena itu bisa merusak organ-organ tubuh Anda.

Sumber : Merdeka.com

By : Jiddan

Email Autoresponder indonesia