686 CJH Bangkalan Lakukan Pemotretan Pasport

687 views

CJH foto Pasport     | Oleh : A.Shohib

 

CJH saat berfoto pembuatan Pasport-Foto : A.Shohib/MC.com

CJH saat berfoto pembuatan Pasport-Foto : A.Shohib/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– sebanyak 686 calon Jemaah Haji (CJH) asal kabupaten Bangkalan melakukan pemotretan foto Pasport di kantor Kemenag Bangkalan. Dalam pemotretan ini, kantor Kemenag mendatangkan 21 orang petugas dari Kantor Imigrasi Tanjung perak Surabaya. “Pemotretan passport ini gratis,” Kata Kasi Penyelenggaran Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan, H Abdul Hamid, Selasa (18/06).

Dijelaskan dia, jumlah CJH Bangkalan yang akan berangkat pada musim haji tahun ini sebanyak 865 orang CJH, namun yang melakukan pemotretan passport hanya 686 orang. “Yang lain sudah memiliki passport,” tutur Abdul Hamid.

Dalam pemotretan passport ini kata Abdul Hamid, seabnyak 4 orang CJH tidak hadir. “Untuk CJH yang tidak hadir hari ini, nanti akan kita antar langsung ke kantor Imigrasi Tanjung Perak,” jelas Hamid.

Ishak Hafiah, salah salah seorang CJH menilai lokasi yang dijadikan tempat pemotretan paspor itu kurang layak. “Tempat pemotretan passport ini saya nilai kurang memungkinkan, karena kurang luas,” kata Ishak CJH asal kecamatan kota Bangkalan, saat menunggu antrean pemotretan di kantor Kemanag Bangkalan.

Dikatakan Ishak Hanafiah, seharusnya pihak Kemenag menyewa tempat yang lebih besar seperti gedung pertemuan Ratoh Ebuh. “Kalau tempatnya memadai seperti gedung Ratoh Ebuh misalnya tidak ada masalah, atau dibuat rayonisasi agar tidak terjadi penumpukan massa seperti ini,” jelasnya.

Lebih lanjut Ishak Hanafiah menjelaskan, memang dalam pemotretan passport ini, CJH tidak dimintai biaya karena sudah include kepada Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). “Kita bayar Rp 35 juta lebih kepada bank, dan dalam pemotretan ini tidak mengeluarkan biaya lagi,” tutur Ishak panggilan akrabnya. (min)

 

Email Autoresponder indonesia