8 Desa di Kecamatan Sepulu Alami Kekeringan

1361 views
image

Warga mencari sumber air

Bangkalan, maduracorner.com – Sebanyak 8 desa di Kecamatan Sepulu mengalami kekeringan parah. Kedelapan desa tersebut yakni desa Bengsereh, Gunilap, Saplasah, Klebung, Lembung Pesisir dan Gengsian serta desa Kalapayan.

Kondisi ini mengharuskan warga terpaksa membeli air dari warga desa lain. “Satu jerigen air saya jual Rp 3 ribu kepada warga yang membutuhkan pak,”ujar salah satu penjual air bersih, Matruki kepada maduracorner.com saat ditemui di desa Lembung Pesisir, selasa (22/6/2015).

Menurut penjelasan Matruki, sudah hampir seminggu ini warga desa tersebut mulai kesulitan air bersih khususnya untuk kebutuhan air minum. “Untuk mengambil air bersih ini saya berjalan sepanjang 2 km dan minta di sumur desa tetangga yang sumber airnya masih keluar,”papar Matruki.

Ia juga menuturkan, sumber mata air yang selama ini diandalkan warga setempat memang sudah mengering. Sementara sumber baru belum ditemukan. “Sumber air mengering, ya begini ini kalau sudah masuk musim kemarau”,tutur Matruki.

Camat Sepulu, Hadori mengatakan, dari 8 dari 16 desa yang ada di wilayahnya memang menjadi langganan kekurangan air bersih saat datangnya musim kemarau. Kondisi ini selalu terjadi setiap tahunnya.

“Kita disini menunggu laporan kekeringan dari 8 desa itu. Kemudian kita laporkan kepada bapak Bupati Bangkalan agar mendapat bantuan air bersih seperti musim kemarau sebelumnya,”tandas mantan Camat Kokop tersebut. (yan/mad)

Penulis : Aryan
Editor.  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia