Abrasi Laut di Pesisir Utara Bangkalan Mengkhawatirkan

888 views
image

Pemukiman Warga Terancam Abrasi Laut di Pesisir Utara Bangkalan

Bangkalan, maduracorner.com – Bibir pantai di pesisir utara Bangkalan Madura terancam abrasi. Tangkis laut yang selama ini ini menahan laju gelombang dan ombak air laut ke pemukiman warga pesisir setempat rusak parah.

Apalagi, gelombang dan ombak di laut Jawa memang sedang mengganas beberapa minggu terakhir. Selain membuat nelayan takut untuk melaut, hal ini juga mengakibatkan tangkis laut di bibir pantai semakin rusak.

Para nelayan mengatakan, ombak besar memang sudah mengakibatkan abrasi di pantai mereka. Terjangan ombak yang sering menimpa ke pemukiman warga di sini pun, semakin sering terjadi akibat kerusakan tersebut. Apalagi, tanaman bakau juga sangat minim di sepanjang bibir pantai.

“Rusak parah, pak. Ombak dan gelombangnya lagi tinggi di perairan sini. Jadi kalau pas air laut pasang, malah sering masuk ke pemukiman warga karena tangkis lautnya sudah rusak”,ujar Busiri, salah satu nelayan Sepulu kepada maduracorner.com, sabtu siang (17/01/2015).

Warga khawatir, jika kondisi ini dibiarkan begitu saja maka lambat laun akan merusak dan mengkikis habis bibir pantai sekitar. Serta tentu saja mengancam kawasan pemukiman nelayan. “Ya kalau dibiarkan malah tambah repot nanti kita, pak”,tambahnya.

Para nelayan pun berharap, pihak Pemkab Bangkalan segera turun tangan. Salah satunya yakni harus memperbaiki tangkis laut secepatnya. “Atau kalau bisa ya melakukan penghijauan tanaman bakau di sepanjang perairan sini”,pungkas Busiri. (mad)

Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia