Ada Isu Batas Umur Maksimal, Ribuan Honorer K 2 Pemkab Bangkalan Diliputi Rasa Resah

image

Kantor BKD

Bangkalan, maduracorner.com –  Sebanyak 3.246 Tenaga Harian Lepas (THL) status K 2 di lingkungan Pemkab Bangkalan diliputi keresahan terkait status mereka sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2015. Hal ini disebabkan oleh santernya isu yang menyebutkan adanya batas umur maksimal untuk pengangkatan K 2 menjadi CPNS tahun ini, yakni batasn umur 35 tahun.

“Jika benar maksimal pengangkatan K 2 sebagai CPNS 35 tahun, otomatis saya sudah gugur, pak. Sebab terhitung sejak 20 Januari 2015 lalu, umur saya sudah 36 tahun,”kata Abd. Rahman yang mengabdi sebagai guru SMK swasta di Kecamatan Blega kepada maduracorner.com. 

Menurut dia, bila ditelusuri secara lebih mendalam lagi, K 2 yang mengabdi sebagai THL saat ini jumlahnya ratusan orang. “Anehnya lagi, kenapa batasan umur maksimal 35 tahun untuk CPNS baru saat ini diterapkan aturannya? Padahal pengangkatan K2 pada tahun sebelumnya, ditetapkan maksimal  46 tahun”,cetusnya

“Lantas bagaimana nasib saya dan mereka yang berumur lebih dari 36 tahun keatas?,”tanya Rahman lagi dengan raut wajah sedih.

Sementara itu, Sekretaris BKD Kabupaten Bangkalan, Ari mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima Surat Edaran (SE) maupun peraturan lain sebagai payung hukum batasan umur tersebut. “Saya kurang tahu. Mungkin informasi atau isu yang beredar akhir-akhir ini masih sebatas wacana,”ujar Arie.

Ari menjelaskan, jumlah THL K 2 di Bangkalan saat ini berjumlah 4.600 orang termasuk diantaranya K 1 sebanyak 1.354 orang.

Kalau masih mengacu pada SE maupun PP tahun sebelumnya, pengangkatan CPNS dari umum, batasan umur maksimal 35 tahun dan pengangkatan CPNS dari K 2 maksimal 46 tahun. Sementara pengangkatan sekretaris desa (sekdes) sebagai CPNS maksimal 51 tahun.

“Kami minta kepada THL di lingkungan Pemkab Bangkalan tenang dulu. Sebab hingga saat ini BKD Bangkalan belum menerima SE atau PP yang mengatur soal batasan umur K 2 untuk diangkat sebagai CPNS,”ujar Arie. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor  : Mamad El Sahraawy

Email Autoresponder indonesia